Kopi Maut Renggut Nyawa Keluarga Korban Pembunuhan di Bekasi Ternyata Mengandung Zat Aldicarb, Apa itu?

- 20 Januari 2023, 17:20 WIB
Ilustrasi Zat Aldicarb yang terkandung di kopi yang menyebabkan satu keluarga keracunan dan meninggal dunia di Bekasi.
Ilustrasi Zat Aldicarb yang terkandung di kopi yang menyebabkan satu keluarga keracunan dan meninggal dunia di Bekasi. /Pexels/Davide Baraldi

PRFMNEWS – Polda Metro Jaya telah mengungkap fakta pembunuhan berencana satu keluarga di Ciketing Udik, Bantargebang, Bekasi yang mulanya diduga keracunan dari hasil metode penyidikan CSI.

Terkuak bahwa korban satu keluarga di Bantargebang, Bekasi dibunuh dengan cara diracun menggunakan zat aldicarb yang dicampurkan tersangka ke dalam minuman kopi.

Zat aldicarb dalam kopi yang dikonsumsi 5 korban sekeluarga di Bekasi itulah yang dinyatakan oleh Polda Metro Jaya sebagai penyebab keracunan hingga tiga diantaranya meninggal dunia.

Baca Juga: Angka Pelajar Nikah Dini di Bandung Akibat Hamil Duluan Tinggi, Yana Mulyana Ambil Langkah Pencegahan ini

Apa itu zat aldicarb dan gejala atau efek berbahaya seperti apa yang ditimbulkan apabila seseorang mengonsumsi zat kimia tersebut?

Aldicarb adalah jenis larutan pestisida sangat beracun yang terbatas pada aplikasi alur atau lubang tanaman dan diterapkan di tanah sisi akar sebelum disemai atau setelah digali.

Aldicarb umumnya digunakan sebagai insektisida (untuk membunuh serangga) dan nematisida (untuk membasmi cacing nematoda).

Baca Juga: Polisi Tangkap 7 Anggota LSM yang Diduga Lakukan Pemerasan dalam Perdamaian Kasus Pemerkosaan di Brebes

Efek awal aldicarb saat tertelan oleh manusia adalah mual, muntah, anoreksia, kejang perut dan diare. Jika tidak segera ditangani secara medis kondisi tersebut akan semakin parah dan mengancam nyawa.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x