Pendakian Gunung Gede Pangarango untuk Malam Tahun Baru Masih Ditutup

- 27 Desember 2022, 16:40 WIB
Jalur pendakian di Gunung Gede Pangrango masih ditutup sebagai antisipasi bahaya gempa bumi, Minggu 27 November 2022.
Jalur pendakian di Gunung Gede Pangrango masih ditutup sebagai antisipasi bahaya gempa bumi, Minggu 27 November 2022. /Instagram @bbtn_gn_gedepangrango

PRFMNEWS - Pendakian Gunung Gede Pangarango untuk malam Tahun Baru 2023 masih ditutup imbas gempa bumi Cianjur yang mengakibatkan longsor dan retakan di kawasan tersebut.

Humas Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP), Agus Deni menuturkan, pascagempa 21 November lalu, ditemukan longsoran di jalur pendakian dan retakan di kawah Gunung Gede.

Penutupan pendakian di Gunung Gede Pangrango ini juga sebagai upaya mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan meski getaran gempa susulan semakin menurun.

Baca Juga: Antisipasi Bahaya Gempa Bumi, Jalur Pendakian di Gunung Gede Pangrango Masih Ditutup

"Penutupan bukan karena pemulihan ekosistem yang rutin dilakukan setiap tahunnya, tapi karena dampak gempa bumi di kawasan Gunung Gede-Pangrango menyebabkan adanya retakan di bibir atau geger kawah, sehingga malam pergantian tahun pendakian masih ditutup," kata Agus dikutip dari ANTARA, Selasa 27 Desember 2022.

Ia memaparkan, titik longsoran di jalur pendakian via Cibodas terdapat yaitu sekitaran Cisalada, dengan lebar 10 meter dan panjang 10 meter.

Baca Juga: Heboh Pergerakan Sesar Cimandiri dan Erupsi Gunung Gede, BMKG Tegaskan Itu Hoax!

Baca Juga: Bantah Jual Bantuan Gempa ke Pasar hingga Dilaporkan ke KPK, Bupati Cianjur: Saya Difitnah, Mohon Doanya

Sedangkan di jalur pendakian via Gunung Putri, ditemukan retakan sepanjang 7 meter di blok Romusa dan longsoran dengan lebar 8 meter serta tinggi 3 meter di blok Tanah Merah, termasuk tembok di shelter air panas serta sarana prasarana pintu gerbang di pos 1 roboh.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x