Ridwan Kamil Ungkap Asal Usul Konsep Bangunan Masjid Al Jabbar, Miliki 27 Pintu yang Punya Makna Khusus

- 27 Desember 2022, 13:05 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengecek persiapan Masjid Raya Al Jabbar sebelum diresmikan 30 Desember 2022 mendatang.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengecek persiapan Masjid Raya Al Jabbar sebelum diresmikan 30 Desember 2022 mendatang. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkap asal usul konsep bangunan Masjid Raya Al Jabbar (MRAJ) yang berlokasi di Gedebage, Kota Bandung.

Ridwan Kamil juga membeberkan makna di balik keberadaan 27 pintu di bangunan Masjid Raya Al Jabbar Bandung ini.

Asal usul konsep bangunan dan makna khusus dari 27 pintu di Masjid Al Jabbar ini diungkap Ridwan Kamil saat meninjau persiapan peresmian masjid terapung pertama di Jabar tersebut.

Baca Juga: Sebelum Diresmikan, Masjid Al Jabbar akan Dibersihkan oleh Ribuan PNS Pemprov Jabar, Kata Ridwan Kamil

Ridwan Kamil menjelaskan, konsep dari bangunan Masjid Al Jabbar berasal dari rumus matematika yang identik dengan rumus aljabar.

Konsep rumus matematika aljabar ini, ujarnya, terlihat dari ornamen rumit namun indah. Ditambah pula seorang Ilmuwan Matematika dunia juga bernama Aljabar.

Selain itu, lanjut Kang Emil, Al Jabbar juga merupakan salah satu nama dari Asmaul Husna yang dituliskan di bagian mihrab masjid.

Baca Juga: Sebentar Lagi akan Diresmikan, Ini Alasan Pemilihan Lokasi Berdirinya Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage

"Al Jabbar juga nama Asmaul Husna yang kita tuliskan di mihrab yang artinya agung. Kebetulan juga Al Jabbar bisa jadi singkatan Jawa Barat, jadi sudah takdirnya namanya berjodoh," ungkapnya, Senin 26 Desember 2022.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x