Diresmikan Jokowi, Ridwan Kamil: 2 Bendungan di Bogor ini Bisa Kurangi Banjir Jakarta Sekaligus Tempat Wisata

- 23 Desember 2022, 20:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi, Jumat 23 Desember 2022.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi, Jumat 23 Desember 2022. /Instagram @ridwankamil

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian dua bendungan di Kabupaten Bogor, Jumat 23 Desember 2022.

Presiden Jokowi didampingi Ridwan Kamil meresmikan Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi, Kabupaten Bogor yang disebut sebagai Dry Dam atau bendungan kering.

Ridwan Kamil mengatakan, keberadaan Dry Dam berupa Bendungan Sukamahi dan Ciawi yang mulai beroperasi usai diresmikan ini akan mampu mengurangi wilayah tergenang banjir di DKI Jakarta.

Baca Juga: Daftar 16 Formasi Jabatan dan Jadwal Seleksi PPPK Tenaga Teknis 2022 di Kemnaker

Melalui unggahan di Instagram-nya, Ridwan Kamil menyebut pengoperasian Bendungan Sukamahi dan Ciawi yang menelan dana triliunan rupiah ini mampu mengurangi banjir Jakarta hingga 30 persen.

“30 persen banjir Jakarta berkurang melalui beroperasinya 2 Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor. Hari ini 2 proyek besar ini diresmikan Bapak Presiden @jokowi,” tulisnya, 23 Desember 2022.

Ridwan Kamil menambahkan, fungsi kedua dry dam tersebut dalam mengurangi banjir Jakarta yakni menjadi lokasi parkir air hujan ketika aliran Sungai Ciliwung sudah sangat deras.

Baca Juga: Simak Informasi Penerimaan Calon PPPK Tenaga Teknis di Kementerian Ketenagakerjaan Tahun 2022

“Proyek trilyunan rupiah ini disebut Dry Dam, yang artinya bendungan kering. Bendungan ini hanya berfungsi sebagai parkir air, jika air Sungai Ciliwung membesar dan mengancam Jakarta,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah