Pemprov Jabar Berkolaborasi Membuat Inovasi Website Pahlawan Desa untuk Memfasilitasi Badan Usaha Milik Desa

- 13 Juli 2022, 20:45 WIB
Inovasi Pemprov Jabar, Website Pahlawan Desa untuk perkuat BUMDes.
Inovasi Pemprov Jabar, Website Pahlawan Desa untuk perkuat BUMDes. /Pahlawan Desa

PRFMNEWS - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat telah membentuk sebuah website Pahlawan Desa, untuk memperluas akses pasar di wilayah Jabar.

Website Pahlawan Desa tersebut nantinya akan digunakan dalam memfasilitasi Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes.

Pahlawan Desa hadir dari hasil kolaborasi inovasi antara Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Jabar, University of Twente dari Belanda, serta perusahaan IT Indonesia, PT Kognitif Skema Indonesia.

Baca Juga: Batalkan Rencana Pemisahan Penumpang Laki-laki dan Perempuan di Angkot, Dishub DKI Jakarta Terapkan Pos Sapa

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah turut mensosialisasikan terkait website Pahlawan Desa kepada BUMDes, termasuk bimbingan teknis.

"Sebagai upaya sosialisasi dan mendukung penggunaan website Pahlawan Desa telah diberikan bimbingan teknis kepada BUMDes," kata Ika Mardiah di Kota Bandung pada 11 Juli 2022.

Perlu diketahui, bahwa website Pahlawan Desa (https://pahlawandesa.id/) ini merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai media transaksi bertemunya broker, badan usaha, dan platform pihak ketiga marketplace sebagai aplikasi pembiayaan usaha.

Dalam website Pahlawan Desa tersebut diikuti oleh sebanyak 55 BUMDes di 18 Kabupaten daerah Jabar, yang dimana badan usaha itu terbagi menjadi dua sektor dengan persentase sebanyak 52 persen menjalankan usaha jasa dan 48 persen sisanya menggeluti usaha produk.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x