Jangan Khawatir, BI Jabar Siapkan Uang Tunai Hingga Rp24,09 Triliun untuk Ramadhan hingga Lebaran 2022

- 13 April 2022, 07:00 WIB
Jelang Idulfitri 1443 hijriah, kebutuhan masyarakat akan pecahan uang kecil semakin meningkat. Biasanya uang ini digunakan untuk saling berbagi 'THR' saat Lebaran tiba.
Jelang Idulfitri 1443 hijriah, kebutuhan masyarakat akan pecahan uang kecil semakin meningkat. Biasanya uang ini digunakan untuk saling berbagi 'THR' saat Lebaran tiba. /HUMAS BANDUNG

PRFMNEWS - Kebutuhan uang tunai tiap kali bulan Ramadhan dan lebaran memang akan meningkat dibandingkan hari biasa.

Hal tersebut sudah diantisipasi oleh Bank Indonesia (BI) wilayah Jawa Barat dengan menyiapkan uang tunai sebesar Rp24,09 triliun untuk Ramadhan hingga Lebaran.

Angka uang tunai uang disiapkan oleh BI wilayah Jawa Barat meningkat 5,64 persen dari tahun sebelumnya.

Kebutuhan akan uang tunai dari setiap Ramadhan dan lebaran tercatat mengalami kenaikan, termasuk di wilayah Jawa Barat yang angka kenaikannya mencapai 10,91 persen.

Baca Juga: Bank Indonesia Jabar Buka Layanan Penukaran Uang Kecil untuk Lebaran, Namun Ada Batasan per Orangnya

Kenaikan tersebut merupakan rata-rata dari kebutuhan uang tunai dari Ramadhan dan lebaran tahun 2018 sampai dengan tahun 2021.

Kepala Perwakilan BI wilayah Jawa Barat Herawanto menyampaikan bahwa perkiraan kebutuhan uang tunai untuk Ramadhan dan lebaran 2022 di Jawa Barat mencapai Rp19,26 triliun.

Terjadi kenaikan 10,42 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp17,44 triliun untuk kebutuhan uang tunai Ramadhan dan lebaran.

Baca Juga: Bisa Lewat Bank Keliling, BI Jabar Jemput Bola Penukaran Uang untuk Lebaran

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah