Satu Pasien Suspect Corona yang Dirawat di RSHS Baru Pulang dari Singapura dan Thailand

- 24 Februari 2020, 14:38 WIB
RSHS Bandung
RSHS Bandung //dok.PRFM

BANDUNG,(PRFM) - Rumah Sakit Hassan Sadikin (RSHS) kembali menerima 3 pasien suspect virus corona (Covid-19). Kini ketiga passien tengah dirawat di RIKK (Ruang Infeksi Khusus Kemuning) RSHS Bandung.

Satu dari tiga pasien tersebut -sebut saja pasien x- berasal dari Kabupaten Bandung. Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang P2P Dinkes Kabupaten Bandung, Edy Kusno menyebutkan jika pasien x tersebut memiliki riwayat perjalanan ke Singapura dan juga Thailand beberapa waktu lalu.

"Pas pulang dia merasakan gejala ada batuk pilek dan panas kemudian dia berobat di Ibun. Setelah berobat tapi ingin diperiksa lab langsung ke RSUD Majalaya. Nah di RSUD diperiksa juga lab-nya sama spesialis dan gejalanya pneumonia," ucapnya saat dihubungi Minggu (23/2/2020).

Karena memiliki gejala pneumonia maka pasien tersebut dirujuk ke RSHS yang secara fasilitas jauh lebih lengkap. Dan saat tiba di RSHS pasien tersebut diberlakukan atau diberikan pelayanan sebagai suspect.

Baca Juga: RSHS Kembali Terima Pasien yang Diduga Terpapar Virus Corona, Humas: Terdiri dari Dua Laki-laki dan Satu Perempuan

"Di RSHS diperlakukan suspect atau terduga (corona)," ujarnya.

Selanjutnya, sambung Edy, pihak Dinkes Kabupaten Bandung pun memeriksa anggota keluarga pasien tersebut. Dari hasil pemeriksaan fisik dan wawancara anggota keluarga dari pasien tersebut dinyatakan sehat dan tidak memiliki gejala seperti pasien tersebut.

"Keluarganya pun diperiksa sama Puskesmas. Saat diperiksa awal tidak menimbulkan gejala tadi yang pasiennya itu,"ujarnya.

Untuk mencegah korona, Edy meminta warga menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Pasalnya hal ini menjadi salah satu upaya untuk mencegah penyebaran korona.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x