Kampung KB Bogor Didukung Jadi Contoh Nasional

- 19 Februari 2020, 07:13 WIB
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh (tengah) saat Kunker spesifik Ke Kota Bogor.
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh (tengah) saat Kunker spesifik Ke Kota Bogor. /DPR RI/Sugeng/Man

BANDUNG, (PRFM) - Komisi IX DPR-RI mendukung Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kota Bogor menjadi percontohan secara nasional. Pasalnya, Kampung KB di Kota Bogor dinilai sukses dalam menjalankan programnya secara simultan

"Nantinya kedepan Kampung KB di Bogor ini dapat jadi percontohan untuk daerah-daerah lain," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh dalam laman resmi DPR RI.

Nihayatul menilai Kampung KB di Kota Bogor masih dijalankan dengan baik sejak digulirkan oleh presiden pada tahun 2016. Jika kebanyakan di derah lain hanya formalitas semata namun Kota Bogor sangat serius dalam menggalakkan KB dan kualitas anak di Kota Bogor.

"Kampung KB ini bukan hanya menjadi program dua anak cukup, kualitas generasinya baik tapi juga memfasilitasi untuk pengembangan anak dan kependudukan di situ," ujar dia.

Baca Juga: Disnaker Intensifkan Pelatihan Bahasa Jepang

Meskipun demikian, dia mengatakan masih belum mengetahui jumlah angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di Kota Bogor.  Karena itu, sebelum menjadikan Kampung KB di Kota Bogor sebagai percontohan nasional, dia mengatakan akan meminta data AKB dan AKI.

"Karena AKB dan AKI jadi salah satu indikator kesuksesan program ini. Kalau AKB dan AKI turun, ini tentu persoalan pendudukan dan kesehatan dinilai sukses, begitupun sebaliknya," kata dia.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI, Adang Sudrajat mengatakan dirinya sangat terkejad karena program Kampung KB di Kota Bogor ternyata berjalan sinergis antara birokrasi dengan masyarakat setempat.

Baca Juga: Januari-Februari Jadi Puncak Musim Hujan di Bandung, Mei Diprediksi Awal Musim Kemarau

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x