Gempa 4,9 SR Landa Banten, Tak Berpotensi Tsunami

- 17 Februari 2020, 20:07 WIB
ilustrasi gempa.
ilustrasi gempa. /PRFM

BANDUNG, (PRFM) - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,9 skala ritcher mengguncang Lebak, Banten, Senin (17/2/2020). Gempa tepatnya terjadi pukul 19.11.46 WIB.

Dalam rilis yang diterima Redaksi PRFM, gempa berlokasi di laut yang berjarak 91 KM arah barat daya Lebak.

"Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini terletak pada koordinat 7,36 LS dan 106,03 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 91 KM barat daya Lebak, Banten pada kedalaman 10 KM." ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Hendro mengatakan, warga melaporkan bahwa getaran dirasakan secara nyata. Oleh warga, getaran gempa diibaratkan seperti ketika truk berlalu.

"Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Cikotok, Cihara Panyauangan, Bayah, Malingping, Rangkasbitung, Ciptagelar, Cilograng, Pandeglang, Banjarsari dan Sukabumi dengan Skala Intensitas III MMI," tambahnya.

Berdasarkan hasil pemantauan BMKG, gempa bumi ini tidak menunjukan potensi akan adanya susulan gelombang tsunami.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," tutur Hendro.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk memastikan informasi resmi yang bersumber dari BMKG melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website ( https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id atau https://balai2.bmkg.go.id/), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x