Banjir Bandang Terjang Garut, Ini Data Wilayah dan Fasilitas yang Terdampak Bencana

- 29 November 2021, 11:48 WIB
Warga terdampak banjir bandang Garut di kecamatan Sukawening membersihkan material lumpur dan sampah yang menimpa rumah mereka.
Warga terdampak banjir bandang Garut di kecamatan Sukawening membersihkan material lumpur dan sampah yang menimpa rumah mereka. /dok Wagub Jabar

PRFMNEWS – Bencana banjir bandang menerjang pemukiman rumah warga di Kecamatan Sukawening dan Karangtengah, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Sabtu, 27 November 2021 sore.

Banjir bandang terjadi akibat luapan sejumlah sungai setelah hujan deras mengguyur wilayah Garut sejak Sabtu siang.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyebutkan, tidak ada korban jiwa akibat banjir bandang ini, namun total ada 307 rumah dari dua kecamatan tersebut terendam. Terdiri dari 112 rumah di Kecamatan Sukawening dan 195 rumah di Kecamatan Karangtengah.

Baca Juga: Indonesia Pastikan 4 Tiket ke BWF World Tour Finals 2021

Ratusan kepala keluarga dari dua kecamatan terdampak banjir bandang ini sudah dievakuasi ke tempat pengungsian yang aman.

Selain itu menurut data BPBD Kabupaten Garut, di Kecamatan Sukawening setidaknya ada 5 desa terendam banjir, yakni Sukamukti, Mekarwangi, Sukawening, Mekarhurip, dan Mekarluyu.

Ada pula dua jembatan dilaporkan rusak, yakni Jembatan Sungai Citameng dan Jembatan penghubung Kampung Mulabaruk-Kampung Munjul. Lalu, satu unit fasilitas pendidikan dan satu unit fasilitas kesehatan juga ikut terendam.

Baca Juga: Pak Uu Ingin Warga yang Terdampak Banjir Bandang Garut Terpenuhi Kebutuhanya dan Penanganan Berjalan Optimal

Disebutkan juga 60 tumbak kolam ikan, 100 tumbak areal sawah/kebun, dan 5 unit sepeda motor turut terdampak terjangan banjir bandang.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah