Viral ‘Kampung Mati’ di Subang yang Ditinggalkan Warganya Hingga Tersisa 1 Keluarga, Ternyata Ini Alasannya

- 29 Oktober 2021, 14:55 WIB
Kampung Mati di Subang, Jawa Barat, viral di media sosial
Kampung Mati di Subang, Jawa Barat, viral di media sosial /Tangakapan Layar kanal YouTube Alman Mulyana.

PRFMNEWS – Mendengar kata kampung di daerah pegunungan, tentu terlintas dalam pikiran Anda sebuah wilayah dengan sekelompok warga yang rukun dan ramah dengan pemandangan hijau, udara sejuk, dan suasana tenang.

Namun, gambaran itu akan sedikit berbeda saat Anda mengunjungi “Kampung Mati” yang bernama Kampung Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Di mana pemukiman di kampung itu justru ditinggalkan oleh seluruh warganya, hingga hanya menyisakan satu keluarga saja.

Melansir sebuah video di kanal YouTube “Alman Mulyana” yang diunggah pada 10 Oktober 2021 lalu, terungkap kondisi terkini di Kampung Palasari dan alasan warga meninggalkan kampung tersebut.

Kondisi jalan yang terjal, ketiadaan listrik dan jauh dari akses pendidikan membuat warga meninggalkan Kampung Palasari.

Hal itu terungkap ketika sang kreator video, Alman, berbincang dengan Udin, seorang warga setempat yang membuka warung di pinggir jalan utama sebelum masuk perkampungan Palasari.

Baca Juga: Istana Ungkap Alasan Jokowi Pilih Carter Pesawat Garuda Indonesia untuk Perjalanan ke 3 Negara

Menurut Udin, warga Kampung Palasari pindah ke pinggiran Kota Subang akibat akses jalan utama menuju kampung yang berbatu dan tidak layak. Bahkan warga hanya bisa melintas dengan menggunakan kendaraan tertentu, seperti motor trail. Selain itu, letak kampung yang jauh dari pusat pendidikan membuat akses anak-anak menuju sekolah terhambat.

“Itu kalau saya tau dari Pak Sumpena (nama warga yang tersisa di Kampung Palasari) karena keterpinggiran, anak-anak ke sekolah jauh, akses ke pasar jauh. Tapi sekarang tinggal sisa tiga orang lagi (1 keluarga) itu Pak RT Pak Sumpena, istri, sama anaknya satu, ” kata Udin.

“Karena memang di era modern kaya sekarang ini, berat banget ya tinggal di kampung tanpa listrik, tanpa internet,” sahut Alman.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x