Mahasiswa di China Berminat Pelajari Bahasa Sunda dan Jawa

- 13 Oktober 2020, 17:58 WIB
PEJALAN kaki melintasi keramik yang ditulisi salah satu peribahasa dalam Bahasa Sunda, di Jalan Djuanda, Kota Bandung, Rabu 25 Januari 2017. Tulisan yang bisa dibaca oleh pejalan kaki itu, diharapkan mampu mengenalkan bahasa Sunda sebagai bahasa daerah khususnya kepada pendatang.*
PEJALAN kaki melintasi keramik yang ditulisi salah satu peribahasa dalam Bahasa Sunda, di Jalan Djuanda, Kota Bandung, Rabu 25 Januari 2017. Tulisan yang bisa dibaca oleh pejalan kaki itu, diharapkan mampu mengenalkan bahasa Sunda sebagai bahasa daerah khususnya kepada pendatang.* /

PRFMNEWS - Sejumlah mahasiswa jurusan bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di sejumlah perguruan tinggi di China, menyatakan minat untuk mempelajari bahasa Sunda dan bahasa Jawa.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar RI di Beijing, Yaya Sutarya mengatakan, minat para mahasiswa China untuk memperlajari bahasa Sunda dan bahasa Jawa nantinya akan difasilitasi oleh Kedutaan Republik Indonesia (KBRI) di Beijing.

"Atas usulan beberapa perguruan tinggi tersebut, maka bulan November nanti KBRI yang akan memfasilitasi," katanya seperti dilansir prfmnews.id dari ANTARA, Selasa 13 Oktober 2020.

Baca Juga: Jika Tidak Lebih Baik Dari TVRI, PJJ Tidak Perlu Di TV Bandung 132

Yaya menyatakan, pada November 2020 ini KBRI Beijing akan memfasilitasi kursus Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda bagi mahasiswa di China yang berminat.

Disebutkan Yaya, Universitas Negeri Yogyakarta akan memberikan materi pembelajaran Bahasa Jawa. Sedangkan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung mengajarkan Bahasa Sunda kepada mahasiswa BIPA di China.

Untuk sementara, pembelajaran bahasa Sunda dan bahasa Jawa bagi mahasiswa di China akan dilakukan secara daring.

Untuk informasi, bahasa Jawa sudah menjadi mata kuliah tambahan bagi mahasiswa BIPA di kampus Beijing Foreign Studies University (BFSU) sejak setahun yang lalu.

Baca Juga: Tiga Bank Syariah Jalani Proses Merger, Direncanakan Rampung Februari Tahun Depan

Kemudian beberapa mahasiswa BIPA di berbagai perguruan tinggi lain berminat memberikan materi perkuliahan yang sama.

Halaman:

Editor: Rifki

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x