Melalui Menlu, Indonesia Serukan Gencatan Senjata Segera Dilakukan di Gaza dan Desak Israel Akhiri Pendudukan

- 25 Oktober 2023, 13:30 WIB
Press Briefing Menlu RI Terkait Perkembangan Situasi di Gaza
Press Briefing Menlu RI Terkait Perkembangan Situasi di Gaza /Tangkapan Layar/YouTube MoFA Indonesia

PRFMNEWS - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menyampaikan tiga poin penting kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) terkait kondisi di Gaza saat ini.

“Pertama, seruan untuk segera melakukan gencatan senjata. Dukungan menyeluruh yang ditunjukkan oleh satu pihak sejauh ini telah membawa hasil yaitu penggunaan kekuatan yang tidak proporsional, pelanggaran hukum humaniter internasional dan impunitas,” kata Retno di High Level Open Debate DK PBB mengenai situasi di Timur Tengah.

“Merupakan kewajiban kita bersama untuk mengakhiri perang ini sebelum meningkat menjadi kekerasan regional dan global,” ucap Retno.

Baca Juga: Rumah Sakit Indonesia di Gaza Mengalami Pemadaman listrik dan Kehabisan Kain Kafan

"Hentikan kekerasan, ciptakan gencatan senjata, buka akses kemanusiaan, dan jangan lupa selesaikan akar permasalahan, yaitu akhiri pendudukan Israel atas Palestina," kata Retno.

Retno saat ini sedang berada di New York, Amerika Serikat untuk berbicara dalam debat terbuka Dewan Keamanan PBB mengenai situasi di Timur Tengah, termasuk Palestina, dan sidang darurat Majelis Umum PBB tentang tindakan ilegal Israel di wilayah pendudukan Palestina.

Kedua, Retno juga meminta agar akses kemanusiaan diprioritaskan mengingat kondisi di Gaza kini semakin memprihatinkan. Hampir 7 ribu orang Palestina tewas di Gaza sejak 7 Oktober 2023 lalu.

“Lebih dari 2 juta orang di Gaza digantung dalam kehidupannya untuk kebutuhan dasar kemanusiaan. Konvoi pengiriman bantuan yang dilakukan sebagian besar tidak bisa bergerak dan selalu dalam bahaya terkena baku tembak,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x