Rumah Sakit Indonesia di Gaza Mengalami Pemadaman listrik dan Kehabisan Kain Kafan

- 24 Oktober 2023, 11:30 WIB
Foto arsip - Pengadaan fasilitas dan alat kesehatan untuk Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina.
Foto arsip - Pengadaan fasilitas dan alat kesehatan untuk Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina. /Dok. (ANTARA HO-MER-C)/

PRFMNEWS - Rumah Sakit Indonesia, salah satu dari sedikit fasilitas medis yang masih beroperasi di Gaza utara, mengalami pemadaman listrik besar-besaran, bahkan ketika petugas medis tengah merawat korban serangan Israel yang sedang berlangsung.

Sebuah klip video yang diposting oleh Al Jazeera Arab di media sosial menunjukkan rumah sakit dalam kegelapan total, saat orang-orang berjalan-jalan menggunakan cahaya dari ponsel mereka.

Selama berhari-hari, kementerian kesehatan di Gaza telah memperingatkan bahwa sistem kesehatan di wilayah Palestina dapat menghadapi kemungkinan kehancuran dalam beberapa hari karena kurangnya bahan bakar untuk menjalankan rumah sakit serta kekurangan pasokan medis.

Seperti diketahui sebelumnya, Direktur Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza melaporkan rumah sakit mereka rusak parah setelah Israel kembali menyerang lokasi sekitar RS dalam beberapa jam terakhir.

Baca Juga: 31 Masjid Hancur Akibat Serangan Udara Israel di Jalur Gaza Sejak 7 Oktober

Al Jazeera melaporkan direktur rumah sakit di Kota Beit Lahia, utara Gaza, tersebut mengatakan RS kini mengalami "kerusakan serius dan cedera" imbas serangan udara Tel Aviv.

Tidak diketahui apakah pasien dan orang lain yang berlindung di rumah sakit juga termasuk di antara mereka yang terluka.

Selain laporan tersebut, RS juga mengabarkan bahwa dokter dan tim medis kemungkinan besar terpaksa menghentikan operasi seiring dengan menepisnya bahan bakar untuk menjalankan fasilitas tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah