Jokowi Mengatakan Xi Jinping dan Vladimir Putin akan Hadir di KTT G20 Bali

- 19 Agustus 2022, 13:23 WIB
Presiden Jokowi mengatakan jika Vladimir Putin dan Xi Jinping akan hadir di G20 di Bali.
Presiden Jokowi mengatakan jika Vladimir Putin dan Xi Jinping akan hadir di G20 di Bali. /Twitter/@jokowi/

PRFMNEWS - Presiden China dan Rusia Xi Jinping dan Vladimir Putin keduanya telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghadiri KTT G20 di pulau resor Bali November ini, menurut Presiden Joko Widodo.

“Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya bahwa dia akan datang,” kata Jokowi kepada Bloomberg News, yang dilansir prfmnews.id dari Reuters.

Pada KTT G20 Summit di Bali yang akan dilaksanakan pada November 2022 adalah kesempatan pertama kalinya Putin, Xi dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan bertemu secara langsung sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari lalu.

Invasi Rusia kepada Ukraina menyebabkan sanksi dari negara-negara Barat serta anggota G20 Jepang dan Korea Selatan kepada Rusia.

Baca Juga: UKM Mahacita UPI Dukung Renstra UPI serta Gelaran Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022

China telah menghindari mengutuk serangan itu atau bergabung dengan sanksi, yang terjadi beberapa hari setelah Beijing dan Moskow mengumumkan kemitraan "tanpa batas".

Sementara itu, Kremlin mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Putin dan Jokowi telah membahas persiapan KTT G20 dalam panggilan telepon pada hari Kamis, 18 Agustus 2022 tanpa mengonfirmasi bahwa pemimpin Rusia akan hadir.

Sedangkan pejabat lain yang mengetahui situasi tersebut mengatakan kepada Bloomberg bahwa Putin berencana untuk menghadiri pertemuan tersebut secara langsung.

"Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo @jokowi mengadakan percakapan telepon," demikian pernyataan Kedutaan Besar Rusia di Jakarta melalui Twitter.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x