323 Juta Orang Terancam, Jokowi Ajak Negara G7 dan G20 untuk Segera Atasi Krisis Pangan

- 28 Juni 2022, 14:30 WIB
Presiden Joko Widodo berbicara di depan para negara anggota G7 dan G20
Presiden Joko Widodo berbicara di depan para negara anggota G7 dan G20 /BPMI


PRFMNEWS - Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Elmau, Jerman, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyuarakan negara G7 dan G20 untuk bersama-sama bergerak mengatasi krisis pangan.

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut, karena permasalahan ini akan mengancam rakyat di negara-negara berkembang yang jatuh ke jurang kelaparan dan kemiskinan ekstrem.

Pada KTT G7 sesi 2, Presiden Jokowi memaparkan pandangannya terkait topik ketahanan pangan dan kesetaraan gender. Ia menyebutkan ada 323 juta orang yang terancam menghadapi krisis pangan.

Baca Juga: Ekonom Sebut Kunjungan Presiden Jokowi ke Rusia dan Ukraina Bisa Meredam Konflik

"Sebanyak 323 juta orang di tahun 2022 ini, menurut World Food Programme, terancam menghadapi kerawanan pangan akut. G7 dan G20 memiliki tanggung jawab besar untuk atasi krisis pangan ini. Mari kita tunaikan tanggung jawab kita, sekarang, dan mulai saat ini,” tegas Presiden Jokowi, mengutip setkab.go.id pada Selasa, 28 Juni 2022.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan negara anggota harus segera bertindak cepat untuk mencari solusi konkret, produksi pangan harus ditingkatkan, lalu rantai pasok pangan serta pupuk global harus kembali normal.

Presiden Jokowi juga menegaskan pentingnya dukungan negara G7 untuk mengreintegrasi ekspor gandum Ukraina dan ekspor komoditas pangan dan pupuk Rusia dalam rantai pasok global.

Baca Juga: Jokowi Tiba di Jerman Usai 13 Jam Penerbangan, Disambut Cuaca Hangat Musim Panas Negara Bavaria

Menurutnya, terdapat dua cara untuk merealisasikan hal tersebut, pertama adalah fasilitasi ekspor gandum Ukraina dapat segera berjalan.

Kemudian yang kedua adalah komunikasi secara proaktif kepada publik dunia, bahwa komoditas pangan dan pupuk dari Rusia tidak terkena sanksi.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x