Meskipun Sosialisasi Masif, Ratusan Botol Air Zamzam Masih Ditemukan di Koper Jemaah Haji

- 30 Juli 2022, 15:04 WIB
Ratusan Botol Air Zamzam Masih Ditemukan di Koper Jemaah Haji.
Ratusan Botol Air Zamzam Masih Ditemukan di Koper Jemaah Haji. /MCH 2022

PRFMNEWS - Meskipun sudah dilakukan sosialisasi secara masif, ratusan botol air zamzam masih ditemukan di koper bagasi jemaah haji Indonesia yang akan pulang ke tanah air pada Sabtu, 29 Juli 2022.

Air zamzam tersebut ditempatkan ke dalam botol kemasan yang dibungkus dengan lakban. Botol-botol itu disembunyikan di dalam sajadah dan pakaian. Namun, petugas dari Air Gate tetap bisa menemukan air zamzam tersebut saat bagasi masuk ke alat X-Ray.

Kepala Seksi Pelayanan Kedatangan dan Pemulangan Jamaah (Yanpul) Daker Madinah Cecep Nursyamsyi menjelaskan, botol air zamzam terbanyak ditemukan pada koper jamaah asal Kloter Medan (MES-8). Setidaknya, ada 36 koper jamaah dari Kloter MES-8 yang ternyata kedapatan menyimpan air zamzam setelah diperiksa X-Ray di gudang Air Gate.

Baca Juga: Benarkah Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Malam? Begini Penjelasan dr. Cahyo Purnomo

Pemeriksaan X-Ray masih dilakukan untuk lima kloter yang akan diberangkatkan lewat maskapai Saudi Airlines dan Garuda Indonesia. Lima kloter yang akan diberangkatkan ke Tanah Air lewat Bandara Prince Mohamed bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah, pada Sabtu yakni Kloter Jakarta-Pondok Gede (JKG-24) sebanyak 389 orang, Kloter Medan (MES-8) sebanyak 389 orang, Banda Aceh (BTJ-5) sebanyak 387 orang, Solo (SOC- 22) sebanyak 356 orang, dan Makassar (UPG- 3) sebanyak 389 orang.

Sebelum diberangkatkan, koper-koper tersebut ditimbang terlebih dahulu di hotel masing-masing.

Setelah itu, koper diangkut ke gudang Air Gate untuk menjalani pemeriksaan X-Ray. Menurut Cecep, koper kemudian diberangkatkan ke Bandara AMAA maksimal 12 jam sebelum penerbangan.

Cecep mengungkapkan, temuan air zamzam membuat koper-koper tersebut harus dibongkar kembali dengan obeng dan pisau.

Baca Juga: Lewat Fun Football, Kejari Kota Bandung Bangun Sinergitas dengan Radio PRFM

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x