Jemaah Haji Indonesia Dilarang Bawa Air Zamzam Dalam Koper

- 25 Juni 2022, 16:55 WIB
Jemaah Haji Indonesia dilarang bawa air Zamzam dalam koper
Jemaah Haji Indonesia dilarang bawa air Zamzam dalam koper /M. Arief Gunawan / Pikiran Rakyat

PRFMNEWS - Jemaah haji Indonesia dilarang untuk membawa air zamzam di dalam koper yang akan dimasukan ke bagasi pesawat saat pulang ke tanah air.

Jemaah haji akan mendapatkan air zamzam 5 liter secara gratis saat tiba di Indonesia.

“Perusahaan pengangkut mengingatkan bahwa 1ml air pun dilarang dimasukkan ke bagasi,” kata Kepala Daerah Kerja Bandara, Haryanto, dikutip dalam keterangan resminya, Jumat 24 Juni 2022.

Baca Juga: Nabila Ishma dan Zara Buat Apel Pie, Ternyata Itu Makanan Favorit Eril

Sementara itu, Kasie Pelayanan dan Pemulangan (Yanmul) Daker Bandara Jeddah-Madinah, Edayanti Dasril Munir mengatakan, barang bagasi jamaah haji Indonesia, pada fase pemulangan akan dikumpulkan terlebih dahulu. Sebelumnya akan dilakukan penimbangan dengan bobot maksimal 32 Kg.

Lalu proses pengecekan akan dilakukan di hotel. Jemaah langsung mendapat bukti bagasi atau claim tag dan boarding pass. Dengan begitu diharapkan tidak ada lagi barang-barang terlarang yang masuk ke dalam koper.

"Ini beradarkan aturan keselamatan penerbangan. Barang yang tidak boleh dibawa antara lain, aerosol, bahan mudah meledak, senjata tajam, uang dengan jumlah tertentu, termasuk air zamzam tidak boleh masuk dalam bagasi jemaah,” ujar Eda.

Baca Juga: Terbaru: Data Korban Kecelakaan Bus di Tasikmalaya

Jika dalam proses pemeriksaan ternyata masih ada koper yang berisi barang-barang yang dilarang, menurut Eda, maka barang langsung dikeluarkan dari bagasi, disaksikan petugas PPIH.

Barang tersebut kemudian kan dikembalikan ke Daker Mekah.

“Barang tidak akan dibuang. Jadi tidak ada bahasanya menzalimi jamaah,” kata Eda.

Sebagai informasi, setidaknya ada tiga proses pemulangan barang bagasi jemaah haji.

Baca Juga: Creative Hub Ninja Xpress Fasilitasi UKM Bandung untuk Percepatan Digitalisasi Ekonomi

Pertama, bagasi dikumpulkan dan ditimbang di lobi hotel dengan batas maksimum 32kg. Kedua, bagasi diangkut ke gudang untuk keperluan pemeriksaan.

“Ketika sudah clear dibawa ke penyimpanan semacam remote area sambil jemaah menunggu penerbangan kepulangan," pungkas Eda.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x