WHO Prediksi Akan Ada Lebih Banyak Kasus Cacar Monyet Muncul Secara Global

- 22 Mei 2022, 16:15 WIB
Ilustrasi - cacar monyet.
Ilustrasi - cacar monyet. /CDC/via REUTERS

PRFMNEWS - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan mereka memprediksi akan mengidentifikasi lebih banyak kasus cacar monyet.

WHO kini memperluas pengawasan di negara-negara di mana penyakit cacar momyet biasanya tidak ditemukan.

Hingga Sabtu 21 Mei 2022, terdapat 92 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi dan 28 kasus dugaan cacar monyet telah dilaporkan dari 12 negara anggota PBB.

Dilansir prfmnews.id dari laman Reuters, WHO menambahkan bahwa pihaknya akan memberikan panduan dan rekomendasi lebih lanjut dalam beberapa hari mendatang bagi negara-negara tentang cara mengurangi penyebaran cacar monyet.

Baca Juga: Shin Tae Yong Bersitegas Indonesia Raih Perunggu Lawan Malaysia Hari Ini

"Informasi yang tersedia menunjukkan bahwa penularan dari manusia ke manusia terjadi di antara orang-orang yang melakukan kontak fisik dekat dengan kasus-kasus yang menunjukkan gejala," papar WHO seperti dikutip prfmnews.id dari laman Reuters pada Minggu, 22 Mei 2022.

Cacar Monyet adalah penyakit menular yang biasanya ringan, dan endemik di bagian barat dan tengah Afrika.

Penyakit ini menyebar melalui kontak dekat, sehingga relatif mudah dikendalikan melalui tindakan seperti isolasi diri dan kebersihan.

"Apa yang tampaknya terjadi sekarang adalah bahwa ia telah masuk ke populasi sebagai bentuk genital, dan menyebar seperti infeksi menular yang telah memperkuat penularannya di seluruh dunia," pejabat WHO David Heymann, seorang spesialis penyakit menular.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x