Demi Pecahkan Rekor Nasional, Pria Tua ini Tatap Matahari 1 Jam Tanpa Kedip dengan Mata Telanjang

- 10 Desember 2021, 12:20 WIB
MS Verma berhasil memecahkan rekor India dengan menatap matahari secara langsung selama satu jam tanpa berkedip.
MS Verma berhasil memecahkan rekor India dengan menatap matahari secara langsung selama satu jam tanpa berkedip. /Oddity Central/

PRFMNEWS – Baru-baru ini, seorang pria tua asal India memecahkan rekor nasional setelah menatap matahari selama lebih dari 1 jam dengan mata telanjang tanpa berkedip.

Ia adalah Verma (70), warga negara bagian Uttar Pradesh, India telah mengejutkan seluruh negeri dengan kemampuannya yang langka, yakni menatap matahari berjam-jam tanpa berkedip.

Melansir situs Newspnr pada 10 Desember 2021, proses pemecahan rekor Verma dilakukan di rumahnya. Delegasi di India mengadakan sesi rekaman aksi unjuk gigi Verma diawasi oleh perwakilan Book of Indian Records dan sekelompok politisi serta dokter.

Baca Juga: Relawan Temukan ‘Si Oren’, Sosok Penghuni Rumah Salah satu Korban Erupsi Semeru

Setelah satu jam menatap langsung ke matahari tanpa kacamata hitam dan bahkan tanpa berkedip, penglihatan Verma tetap normal, begitu pula kesehatan matanya secara keseluruhan.

Menurut Verma, keahlian langka menatap langsung matahari tanpa berkedip itu terinspirasi saat ia melihat biksu yang lakukan aksi serupa saat masih kecil.

Sebelumnya, lelaki tua itu telah berlatih selama 25 tahun hingga akhirnya mengikuti ajang pemecahan rekor nasional India.

Baca Juga: Desy Ratnasari Blak-blakan Soal Peluangnya Maju Jadi Calon Gubernur

Baca Juga: Gedung 2 Lantai di Cijerah Bandung Ambruk, 1 Orang Luka

“Ketika masih kecil, saya terkesan ketika menyaksikan seorang biksu yang bisa melihat langsung matahari selama 5 menit terus menerus. Hal ini memotivasi dan membuat saya mempraktikkan teknik melihat matahari secara terus menerus selama 25 tahun,” kata Verma.

Verma adalah sosok kedua yang mencoba memecahkan rekor nasional atas keahlian langkanya tersebut.

Beberapa tahun lalu ada seorang pria India yang mencoba pecahkan rekor menatap matahari langsung tanpa berkedip. Namun, pria ini hanya bisa melihat selama 10 menit karena mengaku tak tahan melihat silaunya sinar matahari.

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan Pajak Bonus Medali Atlet PON dan Peparnas Jabar Akan Ditanggung Pemprov Jabar

Meski mengaku terbiasa, para ahli kesehatan mata di India tetap menyarankan Verma untuk tidak melakukan tantangan ini lagi.

Secara medis disebutkan bahwa menatap matahari secara langsung dengan mata telanjang, meski dalam waktu singkat, bisa sangat menyakitkan dan memicu risiko kerusakan retina yang tidak bisa disembuhkan.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Newspnr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x