PBB dan Pemerintah Bangladesh Sepakat Bantu Pengungsi Rohingya

- 10 Oktober 2021, 15:37 WIB
POTRET pengungsi muslim Rohingya.*
POTRET pengungsi muslim Rohingya.* /ANTARA/REUTERS/Danish Siddiqui/aa.

PRFMNEWS - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Pemerintah Bangladesh sepakat untuk membantu pengungsi Rohingya.

Kesepakatan ini diteken langsung oleh Komisariat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) dan Pemerintah Bangladesh, Sabtu 9 Oktober 2021.

Seperti dikutip prfmnews.id dari ANTARA, PBB dan Pemerintah Bangladesh menandatangani kesepakatan terkait Pulau Bhasan Char yang menyetujui pembentukan kerangka kerja dan kebijakan tanggap kemanusiaan bagi pengungsi Rohingya.

Baca Juga: KRONOLOGI: Kasus Pengeroyokan di Cililin Bandung Barat, Lima Pelaku Menumpang Ambulans

Perjanjian yang berkaitan dengan Pulau Bhasan Char memungkinkan kerja sama yang erat antara PBB dan Pemerintah Bangladesh untuk melayani kepentingan pengungsi Rohingya yang jumlahnya semakin meningkat.

Pemerintah Bangladesh kini menampung sekitar 1,2 juta warga Rohingya di kamp-kamp pengungsian di distrik selatan Cox's Bazar.

Para pengungsi Rohingya diketahui melarikan diri dari negara bagian Rakhine di Myanmar, setelah jadi korban tindakan brutal militer pada Agustus 2017 silam.

Karena padatnya kamp-kamp di Cox's Bazar, Pemerintah Bangladesh mulai merelokasi 100.000 pengungsi Rohingya ke Pulau Bhasan Char pada Desember tahun lalu. Sejauh ini, sekitar 20.000 pengungsi telah direlokasi di pulau tersebut.

Baca Juga: Warga Bandung jadi Korban Gelasan Layangan saat Melintas di Flyover Kiaracondong, Pupil Mata Kanan Sobek

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Reuters ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x