Camilan Ampo yang Terbuat dari 100 Persen Tanah Liat Ada di Indonesia, Begini Cara Makannya

- 28 November 2021, 08:46 WIB
Camilan Ampo khas Tuban yang terbuat dari 100 persen tanah liat
Camilan Ampo khas Tuban yang terbuat dari 100 persen tanah liat /Instagram @ilovetuban

 


PRFMNEWS - Indonesia terkenal dengan aneka kulinernya, aneka makanan ada di Indonesia mulai dari yang berempah, ekstrem, dan unik.

Ternyata Indonesia juga punya makanan yang terbuat dari 100 persen tanah liat. Makanan tersebut bernama Ampo yang berasal dari Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

“Awal mula Ampo adalah saat masyarakat kekurangan pangan dan kemarau panjang di masa Kolonial Belanda, akhirnya mencari cara untuk bertahan hidup dengan ampo,” tutur narator dikutip prfmnews.id dari kanal Nusantara DAAITV.

Baca Juga: 10 Camilan Enak dan Sehat yang Cocok untuk Anak

Menurut Sumardi, Kabid Kebudayaan Dispora Tuban, dahulu Ampo terbuat dari endapan lumpur yang dibawa air Sungai Bengawan Solo, yang merupakan tanah aluvial yang berbahan lembung.

“Bengawan pun menjadi kecil airnya, ketika mengambil air masyarakat melihat lumpur yang dibawa air bengawan yang halus mengering menjadi menggulung kering, kemudian dicoba diambil kemudian dimakan tiba-tiba hancur dan tertelan,” ucap Sumardi.

Namun kini Ampo terbuat dari endapan air tanah sawah berbahan dasar lempung. Tanah tersebut harus dipadatkan hingga berbentuk kotak dan didiamkan selama 1 hari agar permukaan halus. Kemudian diserut hingga berbentuk gulungan tipis, kemudian di asapkan kurang lebih 1 jam.

Baca Juga: Viktor Axelsen Ternyata Suka Makanan Khas Indonesia yang Satu Ini

Salah satu yang masih mempertahankan memproduksi Ampo adalah Rasimah, berusia 72 tahun, dan anaknya Sartik, 42 Tahun. Rasimah telah memproduksi Ampo sejak dahulu, turun temurun dari kakek dan neneknya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah