CEK FAKTA: Pesan Berantai Nama-nama Hotel Tempat Isolasi di Kota Bandung, Benarkah?

- 15 Juni 2021, 17:39 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Dok PRFM.


PRFMNEWS - Beredar pesan terkait masyarakat Kota Bandung yang positif Covid-19 diminta untuk isolasi mandiri di hotel-hotel yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kota Bandung.

Dalam pesan tersebut, disebutkan ada tiga hotel yang disediakan sebagai Rumah Singgah Isolasi Mandiri (RSIM) di antaranya adalah Hotel Nyland, Hotel Sleepzzz, dan Hotel Silk Dago. Tertera juga RS Darurat Secapa AD yang bisa dimanfaatkan oleh warga Jabar.

Tak hanya itu, dituliskan juga nomor kontak untuk masyarakat yang hendak isolasi mandiri di hotel-hotel di atas lengkap dengan persyaratan yang harus disiapkan calon pasien isolasi mandiri.

Baca Juga: Ridwan Kamil Imbau Wisatawan Jangan Dulu ke Bandung Raya, Kenapa?

Terkait hal ini, PRFM mencoba mengonfirmasi kepada Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara. Menurut Ahyani, informasi tersebut tidak benar alias hoax.

Pesan berantai yang beredar terkait nama-nama hotel sebagai tempat isolasi mandiri itu adalah informasi sudah kadaluarsa, yakni sudah tidak berlaku lagi sejak Desember 2020.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tarik Rem Darurat, Nyatakan Bandung Raya Siaga Satu Covid-19 !

"Tidak benar itu info des (Desember)," kata Ahyani saat dikonfirmasi, Selasa 15 Juni 2021.

Ahyani menjelaskan, bagi masyarakat yang positif Covid-19 dan membutuhkan isolasi maka tahapannya adalah melapor ke Puskesmas, lalu nanti akan diberi arahan apakah isolasi mandiri di rumah atau di tempat yang sudah disediakan pemerintah.

Baca Juga: Covid-19 di Garut Melonjak, 2.600 Kasus Baru dalam 14 Hari Terakhir

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x