Peringatan Sumpah Pemuda di Tengah Pandemi Covid-19, Karang Taruna Ingatkan Pemuda Jangan Egois

- 28 Oktober 2020, 16:49 WIB
Diorama Sumpah Pemuda.
Diorama Sumpah Pemuda. /Dok Musem Sumpah Pemuda.

PRFMNEWS – Karang Taruna Kota Bandung mengajak seluruh masyarakat khususnya para pemuda di seluruh wilayah untuk bergotong royong dan mengesampingkan keegoisan. Hal itu sesuai dengan spirit para pemuda 92 tahun lalu dalam mencanangkan Sumpah Pemuda.

Terlebih lagi saat pandemi Covid-19, bantuan satu sama lain sangat dibutuhkan. Sehingga masyarakat khususnya warga kota Bandung untuk bisa keluar dari kondisi pandemi.

“Maka saya kira dalam konteks ruang dan waktu sekarang tema besar peringatan sumpah pemuda ini adalah bagaimana para pemuda tidak menjadi insan yang egois. Tapi kembali pada akar sejarah bangsa kita yang direfleksikan dalam satu kalimat sederhana adalah Gotong Royong,” ujar Ketua Karang Taruna Kota Bandung, Andri Gunawan saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu 28 Oktober 2020.

Baca Juga: Perjuangan Keras Petugas DPU Kota Bandung Angkut Sampah dari dalam Gorong-gorong untuk Cegah Banjir

Ia pun meminta para pemuda di kewilayahan setempat baik kelurahan maupun kecamatan untuk bahu membahu satu sama lain. Minimal membantu tetangga yang membutuhkan pertolongan.

“Di era pandemi, yang harus dilakukan pemuda adalah membuktikan bahwa dirinya akan keluar dari krisis ini secara terhormat. Dengan cara membawa serta saudara di kanan kiri keluar dari krisis ini bersama,” kata Andri.

Baca Juga: Hari Ini 28 Oktober 2020: Ada Tambahan 4.029 Orang yang Positif, Pasien Covid-19 Tembus 400 Ribu

Menurutnya, Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 lalu itu terbentuk atas dasar kritisnya para pemuda melihat ketidakadilan dan kesenjangan.

“Kita melihat ketidakadilan, kemisiknan, kesenjangan yang jauh antara yang punya dan tidak punya. Maka hari itu para pemuda mendeklarasikan diri bahwa dia memiliki bangsa, bahasa, dan tanah air satu,” tukasnya.***

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x