Tersedia WiFi Gratis, Kawasan Braga Bandung Bakal Miliki Smart Pole

- 22 Juni 2024, 09:00 WIB
Suasana Braga Bebas Kendaraan (Braga Beken) pada Sabtu, 5 Mei 2024.
Suasana Braga Bebas Kendaraan (Braga Beken) pada Sabtu, 5 Mei 2024. /PRFMNEWS

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menghadirkan fasilitas wifi gratis di kawasan Jalan Braga. Lokasi untuk mengakses fasilitas koneksi jaringan internet gratis ini berada di depan Hotel Gino Feruci Braga.

Pengadaan fasilitas wifi gratis ini menjadi langkah awal untuk selanjutnya menjadikan kawasan Braga sebagai area yang memiliki Smart Pole. Smart Pole adalah satu tiang yang memiliki berbagai fungsi sistem IT.

Adapun kecepatan internet wifi gratis di Jalan Braga ini cukup kencang yaitu 80 Mbps untuk 1.000 pengguna. Sehingga para pelancong bisa santai sambil ngopi cantik dan menikmati koneksi internet bebas biaya di kawasan Braga.

Apalagi kini ada Braga Beken (Bebas Kendaraan) setiap hari Sabtu dan Minggu, sehingga pengunjung kawasan Jalan Braga Panjang bisa menikmati berbagai macam layanan digital di gadget menggunakan koneksi wifi gratis ini.

Cara atau langkah-langkah mengakses wifi gratis di kawasan Braga yang disediakan oleh Molecool adalah:

- Download aplikasi Molecool di PlayStore atau AppStore
- Buka menu pengaturan WiFi di smartphone
- Hubungkan smartphone ke jaringan @Molecool Free Wifi
- Pilih Continue pada laman lanjutan
- WiFi akan terkoneksi dengan smartphone.

Selain di Jalan Braga Panjang, akses wifi gratis juga sebelumnya sudah dihadirkan Molecool dan hingga kini masih bisa diakses di kawasan Jalan Braga Pendek atau depan Bank bjb dan kawasan Jalan Ir. Soekarno.

"Ini sebagai upaya kita untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Wifi dibutuhkan di kawasan seperti Braga," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan A. Brilyana.

Yayan menambahkan, ke depannya kawasan Braga akan dihadirkan Smart Pole atau Tiang Pintar. Kota Bandung sebagai smart city, ujar dia, tentunya akan menerapkan smart pole yang bisa membantu masyarakat dan pemerintah dalam berbagai hal.

"Smart Pole memiliki peran penting sebagai salah satu infrastruktur di kota pintar. Ini dapat dilengkapi dengan stasiun basis mikro 5G, stasiun cuaca, kamera, layar LED, terminal bantuan publik, speaker online, tumpukan pengisian daya, dan perangkat lainnya," jelas dia.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah