Pantas Dinamakan Cibaduyut, Ternyata Begini Asal-usul Penamaan Pusat Sepatu di Bandung Ini

- 11 Juni 2024, 20:30 WIB
Tugu sepatu Cibaduyut kembali terpasang.
Tugu sepatu Cibaduyut kembali terpasang. /Instagram/@infojawabarat/



BANDUNG, PRRFMNEWS - Cibaduyut merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung. Daerah ini terkenal sebagai pusat produksi sepatu di kota kembang.

Namun ternyata, nama Cibaduyut tidak ada kaitannya dengan merk atau jenis sepatu. Sama seperti daerah lainnya di Bandung, nama Cibaduyut memiliki asal usul yang cukup unik.

Dirangkum dari berbagai sumber Selasa 11 Juni 2024, Cibaduyut berasal dari kata Ci berarti cai atau air, sedangkan baduyut atau yang dikenal juga sebagai areuy baduyut merupakan sejenis tumbuhan air yang merambat.

Baca Juga: Picu 7 Korban, Polisi Ungkap Kronologi Tabung Gas Elpiji Penjual Gorengan di Bogor Meledak

Nama latin dari tumbuhan ini ialah Trichosanthes villosa Blume. Tumbuhan ini masih satu kerabat dengan bonteng, melon, semangka, dan labu siam.

Trichosanthes villosa Blume memiliki panjang mencapai 24 meter, hampir seluruh bagiannya berambut kuning, sehingga mungkin terlihat sedikit aneh.

Daunnya berbentuk bulat telur dengan pangkal daun yang menjantung, dan memiliki buah yang berbentuk elips dengan ukuran sekitar 15 cm.

Baca Juga: Keren! Persib Bakal Bangun Museum di Stadion Rp545 Miliar Ini Jika Sudah Resmi Dikelola

Tumbuhan ini dipercaya sebagai cikal bakal daerah ini diberi nama Cibaduyut yang masih melekat di masyarakat sekitar sampai sekarang.

Halaman:

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah