Berumur 7 Tahun, Megaproyek Rp50 Miliar di Bandung Berubah Nama, Dipercantik untuk Jadi Ikon Wisata Belanja

- 8 Juni 2024, 16:00 WIB
Tampak udara Teras Cihampelas di Kota Bandung
Tampak udara Teras Cihampelas di Kota Bandung /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Fasilitas umum di Kota Bandung satu ini merupakan megaproyek kala Ridwan Kamil menjabat sebagai Wali Kota Bandung Periode 2013-2018. Pengerjaan fasilitas publik ini memakan waktu 100 hari kalender ditambah 1 bulan untuk penataan akhir.

Megaproyek penataan salah satu kawasan ikonik di Kota Bandung ini dibangun pada September 2016 dan diresmikan oleh Ridwan Kamil pada Januari 2017. Infrastruktur kota yang tampil estetik ini disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sebagai sarana ruang publik sekaligus ruang komersial.

Total dana pembangunan fasilitas publik ini sekira Rp50 miliar, terbagi atas Rp48 miliar saat pembangunan tahap I dan Rp2,75 miliar pada tahap II di tahun 2023 sebagai upaya reaktivasi dengan menghadirkan 4 zona yaitu Catwalk, Pecinta Remote Control, Diorama Sejarah, dan Pehobi Drone Race.

Baca Juga: Punya Panjang 700 Meter, Flyover Baru di Bandung Kini Harus Ditutup Total, Padahal Baru Selesai Dibangun

Kawasan publik ini sengaja dibangun Ridwan Kamil pada 2016 sebagai lokasi penertiban dan penataan pedagang kaki lima (PKL) salah satu ruas jalan ikonik di Kota Bandung. Bentuknya berupa skywalk atau jalur pejalan kaki di atas jalan sepanjang 450 meter, dengan lebar rata-rata 7,6 meter, dan tinggi 4,6 meter.

Material yang digunakan untuk pembangunan skywalk ini adalah precast concrete hollow-core slab sebagai pelat lantai. Awal dibangun dilengkapi fasilitas penunjang berupa 6 tangga, 3 toilet, 1 musala, dan 1 lift. Ada pula jalur khusus penyandang disabilitas agar mereka bisa menikmati fasilitas publik ini dengan nyaman.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah berkunjung ke skywalk estetik di tengah Kota Bandung ini pada April 2017. Presiden ketika itu mengapresiasi kehadiran kawasan publik ini yang menurutnya berhasil menata PKL sekaligus menghadirkan infrastruktur unik yang mampu menarik kunjungan para wisatawan.

Baca Juga: Dibangun 2 Tahun, Flyover Rp288 Miliar Diresmikan Era Ridwan Kamil ini Jadi Jalur Komuter Bandung-Cimahi

"Saya sangat menghargai sekali. Yang dikerjakan oleh Kota Bandung dalam memberikan sebuah penghargaan kepada pedagang kaki lima yang sangat baik, penataan penempatannya betul-betul sangat rapi dan menjadi daya tarik wisatawan dalam maupun luar negeri," kata Jokowi saat berkunjung ke area skywalk ini.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah