Bertemu Menteri PUPR, Bey Machmudin Beri Bocoran Kelanjutan Proyek Tol Cigatas dan BIUTR

- 29 Februari 2024, 07:30 WIB
Kepastian pembanguan Tol Dalam Kota Bandung disampaikan langsung Menteri PUPR Basuki kepada Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin dan Pj Walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono
Kepastian pembanguan Tol Dalam Kota Bandung disampaikan langsung Menteri PUPR Basuki kepada Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin dan Pj Walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono /Pemprov Jabar

BANDUNG, PRFMNEWS – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin rapat bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membahas kelanjutan pembangunan Jalan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) yang merupakan bagian dari rute proyek Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap).

Selain Tol Cigatas, Bey Machmudin dan Menteri PUPR juga membahas terkait kelanjutan pembangunan proyek Jalan Tol Dalam Kota Bandung atau Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) sebagai salah satu solusi mengatasi kemacetan lalu lintas di sejumlah ruas jalan utama di Kota Kembang.

Pembahasan kelanjutan pembangunan BIUTR dan Tol Cigatas ini masuk dalam daftar rencana realisasi lima proyek infrastruktur nasional di Jawa Barat yang menjadi komitmen Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR untuk dilaksanakan pada tahun 2024 yang didukung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Baca Juga: Atasi Kemacetan, PUPR Pastikan Tol Dalam Kota Bandung Siap Dibangun Usai Mangkrak 17 Tahun

“Terkait kemacetan di Kota Bandung, Pak Bas (Basuki Hadimuljono) menyetujui melanjutkan pembangunan Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR). Alhamdulillah," ujar Bey Machmudin usai rapat di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu 28 Februari 2024.

Bey menyebutkan tiga infrastruktur nasional selain Tol Dalam Kota Bandung dan Tol Cigatas yang akan dibangun PUPR di Jabar pada 2024 adalah pertama, peningkatan jalan tambang di Parung Panjang, Kabupaten Bogor.

Kedua, perbaikan dan peningkatan jalan di beberapa titik kabupaten dan kota di Jawa Barat,yang telah jadi Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah. Ketiga yakni percepatan penyediaan air minum dan layanan pengelolaan air limbah domestik yang telah menjadi Inpres.

Baca Juga: Pemerintah Pusat Sepakat Melanjutkan Proyek Jalan Tol Dalam Kota Bandung

Sementara itu, Menteri Basuki menegaskan komitmen Kementerian PUPR membantu percepatan pembangunan infrastruktur di Jabar dalam waktu dekat akan ditekankan pada kelanjutan proyek BIUTR untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung.

"Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat untuk melanjutkan Bandung Intra Urban Tol Road," sebut Basuki.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x