Atasi Kemacetan, PUPR Pastikan Tol Dalam Kota Bandung Siap Dibangun Usai Mangkrak 17 Tahun

- 29 Februari 2024, 06:41 WIB
Tahun 2024, Pemerintah pusat komitmen realisasikan lima proyek infrastruktur di Jabar setelah 17 tahun tertunda, tol dalam kota Bandung akhirnya dibangun.
Tahun 2024, Pemerintah pusat komitmen realisasikan lima proyek infrastruktur di Jabar setelah 17 tahun tertunda, tol dalam kota Bandung akhirnya dibangun. /Humas Jabar


BANDUNG, PRFMNEWS - Pembangunan proyek Jalan Tol Dalam Kota Bandung atau Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) akan dilanjutkan setelah 17 tahun tak kunjung terealisasi. Kepastian kelanjutan proyek BIUTR ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Melalui BIUTR, Menteri PUPR berharap, kemacetan lalu lintas di berbagai ruas jalan yang dilewati rute Tol Dalam Kota Bandung ini dapat diminimalisir. Update kabar pembangunan BIUTR diungkap Basuki Hadimuljono usai bertemu Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu 28 Februari 2024.

"Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat untuk melanjutkan (pembangunan) Bandung Intra Urban Tol Road," kata Basuki Hadimuljono usai rapat bersama Bey Machmudin.

Basuki menambahkan, sebagai tahap awal untuk memulai proses percepatan pembangunan Tol Dalam Kota Bandung ini, PUPR akan membantu menyiapkan skema pendanaan melalui Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Baca Juga: Pemerintah Pusat Sepakat Melanjutkan Proyek Jalan Tol Dalam Kota Bandung

"Jadi kita lelangkan segera, kita meneruskan untuk mengatasi kemacetan di Bandung," ujar dia.

Tak hanya membahas proyek Tol Dalam Kota Bandung, Basuki dan Bey dalam pertemuan itu juga membicarakan terkait komitmen Kementerian PUPR untuk membantu percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur lain di Jawa Barat.

Setidaknya, ada empat kesepakatan lainnya antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar). Pertama, soal peningkatan jalan tambang di Parung Panjang, Kabupaten Bogor.

Untuk merealisasikan komitmen tersebut, Basuki menyebut harus disertai dengan upaya Pemprov Jabar melanjutkan jalan khusus tambang. Kini pihaknya menunggu skema yang tengah disusun oleh Pemprov Jabar terkait pembangunan jalan khusus tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x