Biang Kemacetan di Kawasan Pasar Ujungberung Bandung Terungkap, Simulasi Pengaturan Lalin Jadi Solusi

- 15 Februari 2024, 05:45 WIB
Alun-alun Ujung Berung Kota Bandung
Alun-alun Ujung Berung Kota Bandung /

PRFMNEWS – Penyebab kemacetan lalu lintas di kawasan Pasar Ujung Berung, tepatnya di ruas Jalan A.H. Nasution diungkap Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna. Untuk mengatasi masalah ini, Ema telah memberi arahan kepada jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung untuk segera menghadirkan solusi penanganan.

Ema Sumarna mengatakan, kemacetan di Jalan A.H. Nasution tepatnya di depan Pasar Ujungberung, Kota Bandung, antara lain disebabkan adanya parkir liar di pinggir jalan ditambah para PKL yang berjualan juga memakan area bahu jalan. Kondisi pelanggaran tersebut membuat ruang gerak kendaraan yang melintas semakin sempit sehingga memicu sendatan arus lalu lintas.

Ema mengungkapkan perihal penyebab kemacetan tersebut saat sidak ke kawasan Pasar Ujungberung pada Minggu, 11 Februari 2024 setelah meninjau area Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju) dan Jalan Surapati yang juga masih ditemukan adanya beberapa PKL berjualan di area terlarang.

Baca Juga: Pindah Jualan ke Lokasi Baru, Pedagang Kue Subuh di Kota Bandung Akui Makin Diserbu Pembeli

“Bergeser ke wilayah Timur. Saya bersama jajaran melanjutkan peninjaun ke Pasar Ujung Berung Bandung. Peninjauan ini untuk mengontrol PKL dan parkir liar. Karena orang yang akan berbelanja ke pasar memarkirkan kendaraannya itu di badan jalan sehingga menimbulkan kemacetan,” ungkap Ema yang juga merupakan Ketua Satgasus PKL Kota Bandung.

Terkait upaya yang dilakukan untuk mengurangi tingkat kemacetan di kawasan Pasar Ujung Berung, Ema mengaku sudah meminta jajaran Dishub Kota Bandung untuk mempersiapkan simulasi pengaturan lalu lintas agar laju kendaraan di ruas Jalan A.H. Nasution tersebut dapat lebih lancar.

“Saya sudah meminta untuk menurunkan petugas (Dishub ke lokasi). Selain itu, nantinya jajaran Dishub akan melakukan simulasi jalan di area ini agar kawasan ini dapat bebas dari kemacetan. Bismillah, terus berprogres demi Kota Bandung yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Baca Juga: Kemacetan Sekitar Pasar Ujungberung Segera Diatasi, Pemkot Bandung Akan Terapkan Sejumlah Solusi ini

Tak hanya itu, saat sidak, Ema menemui pula adanya luapan air dari saluran drainase yang terletak di depan Pasar Ujung Berung. Ia langsung meminta jajaran Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) untuk memperbaiki saluran drainase yang diduga tersumbat sehingga aliran air tidak lancar dan meluap ke jalanan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x