Daftar 5 Jalan Terdampak Macet Kawasan Gedebage Akibat Exit Tol KM 149 Masih Ditutup

- 2 Februari 2024, 09:00 WIB
Camat Gedebage, Jaenudin
Camat Gedebage, Jaenudin /Diskominfo Kota Bandung

GEDEBAGE, PRFMNEWS – Kemacetan di kawasan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, semakin parah terjadi khususnya saat akhir pekan. Sejumlah ruas jalan di kawasan pusat keramaian area Gedebage pun turut terdampak kepadatan arus lalu lintas ini.

Camat Gedebage Jaenudin mengatakan, penyebab kemacetan di ruas-ruas jalan kawasan Gedebage salah satunya dipicu Exit Tol KM 149 ruas Jalan Tol Padaleunyi yang belum dibuka kembali di saat semakin banyaknya pusat keramaian berdaya tarik tinggi untuk dikunjungi masyarakat.

Pembukaan Exit Tol KM 149 menurut Jaenudin berpengaruh dalam mengurai kemacetan akibat kepadatan pengunjung pusat keramaian di kawasan Gedebage antara lain Masjid Raya Al Jabbar, Stadion GBLA, Mall Summarecon Bandung, Stasiun KAI Cimekar dan Gedebage baru, serta Stasiun Kereta Cepat Tegalluar.

Baca Juga: Pemkot Bandung Dorong Penyelesaian Exit Tol KM 149 Sampai Jalan Soekarno Hatta

Kemacetan akibat Gerbang Tol KM 149 Gedebage yang masih ditutup karena dalam tahap perbaikan ini, ujar Jaenudin, tersebar di beberapa ruas jalan khususnya terjadi di Jalan Gedebage Selatan, Jalan Cimencrang, Jalan Rancapacing, dan Jalan Rancasagatan, bahkan tak jarang mengular hingga ke Jalan Soekarno Hatta.

"Terlebih dengan ditutupnya Exit Tol KM 149 Gedebage justru terjadi kemacetan yang luar biasa. Sehingga Jalan Gedebage Selatan, Cimencrang, Rancapacing dan Rancasagatan juga terkena dampaknya," kata Jaenudin, Kamis 1 Februari 2024.

Untuk mengatasi kemacetan di ruas-ruas jalan tersebut terutama saat weekend, Jaenudin mengaku terus berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk pihak Summarecon Bandung, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

Baca Juga: Pemkot Bandung Bentuk Satgas untuk Akselerasi Penerapan Kebiasaan Baru Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

Dia menyebutkan untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang diprediksi akan terjadi akhir pekan ini, Pemkot Bandung akan mengambil sejumlah langkah termasuk mendorong percepatan penyelesaian perbaikan Exit Tol KM 149 Gedebage.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x