Selain Buka Exit Tol KM 149, Pemkot Bandung Dorong Simpang Sektor 5 Segera Dibangun Atasi Macet Gedebage

- 1 Februari 2024, 07:20 WIB
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna bahas Exit Tol KM 149 dan KM 151 Gedebage
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna bahas Exit Tol KM 149 dan KM 151 Gedebage /Diskominfo Kota Bandung

GEDEBAGE, PRFMNEWS – Selain mendorong pembukaan Exit Tol KM 149 dan KM 151 ruas Jalan Tol Padaleunyi, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung juga berharap pembangunan akses jalan Sektor 5 yang akan menghubungkan pusat keramaian di kawasan Gedebage bisa segera terlaksana untuk bantu mengurai kemacetan lalu lintas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, Simpang Sektor 5 Gedebage sebagai solusi tambahan mengurai kemacetan ini akan menyambungkan Jalan Gedebage Selatan, Masjid Raya Al Jabbar, hingga Kawasan Summarecon. Pembangunan akses jalan tersebut saat ini tengah disiapkan oleh PT Summarecon Agung Tbk.

Ema menyebut lokasi pembangunan Simpang Sektor 5 Gedebage ini akan melintasi sungai sehingga nantinya juga dibangun jembatan bailey. Untuk mendukung percepatan pembangunan akses jalan tersebut, ia mendorong Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum agar segera mengeluarkan surat izin.

Baca Juga: Solusi Macet Gedebage, Exit Tol KM 149 Akan Dibangun Terhubung ke Jalan Soekarno Hatta Bandung

"Ya lumayan kalau itu dibuka untuk akses nanti menuju Masjid Raya Al Jabbar bisa juga melingkar untuk menuju ke mall. Atau juga nanti bisa langsung ke Stadion GBLA. Nanti ada jembatan bailey di sana," ujarnya, Rabu 31 Januari 2024.

Ema menyebut pembangunan akses jalan tersebut membutuhkan waktu panjang, sehingga alangkah baiknya bisa mulai dikerjakan sesegera mungkin.

Sebagai solusi terdekat mengurai kemacetan di kawasan Gedebage, lanjutnya, dilakukan dengan memaksimalkan penerapan rekayasa lalu lintas, pengaturan traffic light, dan penempatan petugas dengan jumlah lebih diperbanyak.

"Karena kalau hal-hal yang sifatnya memerlukan waktu tidak mungkin bisa dilaksanakan sekarang," ungkapnya.

Baca Juga: Urai Macet, Puluhan Petugas Dishub Kota Bandung Bersiaga Tiap Weekend untuk Atur Lalu Lintas di Gedebage

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x