KNKT Investigasi Kecelakaan Kereta Api Turangga-KA Bandung Raya : Periksa Data Logger dan Keterangan Saksi

- 6 Januari 2024, 14:00 WIB
Insiden memilukan di awal tahun 2024, pasca terjadinya tabrakan kereta di Bandung, tim KNKT langsung turun tangan.
Insiden memilukan di awal tahun 2024, pasca terjadinya tabrakan kereta di Bandung, tim KNKT langsung turun tangan. /=/Instagram @basarnas_jabar

PRFMNEWS - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih belum bisa mengungkap penyebab insiden kecelakaan antara Kereta Api (KA) Turangga dengan Commuterline Bandung Raya yang terjadi pada Jumat, 5 Januari 2024 pagi.

Investigator Keselamatan Perkeretaapian Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Gusnaedi Rachmanas mengungkapkan pihaknya akan memeriksa perekam data (data logger) perjalanan sampai saksi-saksi atas kejadian tabrakan kereta api di Cicalengka.

Ia menjelaskan, data logger tersebut sebagai alat sistem akuisisi data untuk melakukan perekaman aktivitas pelayanan perjalanan kereta.

Baca Juga: Komitmen KAI Tingkatkan Sistem Komunikasi Guna Cegah Tabrakan Kereta Api di Bandung Terulang

Data logger merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk melakukan logging data atau perekaman data dari waktu ke waktu di dalam kereta secara otomatis.

"Jadi data logger kereta, kemudian data persinyalan, dan keterangan saksi-saksi itu termasuk data-data yang kami himpun dan kumpulkan untuk menjadi satu kesimpulan," ucap Gusnaedi.

Perekam data itu, dijelaskan oleh Gusnaedi, berada di lokomotif yang mencatat kecepatan, tekanan pengereman dari sarana transportasi tersebut.

"Jadi rekaman-rekaman dari si sarananya. Namun kami lihat dulu apakah ada data logger nya atau tidak," ujar dia.

Baca Juga: Daftar Resmi Formasi Rekrutmen CPNS 2024 di Instansi Pusat dan Daerah, Kuota Fresh Graduate Makin Banyak

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x