Kasus Covid-19 di Kota Bandung Naik Jadi 51 Orang, Layanan Vaksinasi dan Ruang Isolasi Ditingkatkan

- 19 Desember 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Dok PRFM.

PRFMNEWS – Kasus positif Covid-19 di Kota Bandung kembali bertambah jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Menurut data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung per 18 Desember 2023, ada 51 kasus aktif Covid-19 ditemukan di Kota Kembang.

Kepala Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian menyebut sebagian besar yakni 26 orang positif Covid-19 ini tanpa gejala, sehingga sesuai arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mereka melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Sedangakan ada 13 orang positif Covid-19 yang dirawat, dengan rincian satu orang bergejala berat, 8 orang bergejala sedang, sisanya 4 orang bergejala ringan,” kata Anhar, Senin 18 Desember 2023.

Baca Juga: KAI Buka Suara soal Aturan Naik Kereta yang Berlaku di Nataru Seiring Kenaikan Kasus Covid-19

Merespons angka kasus Covid-19 di Kota Bandung yang naik tersebut, lanjut Anhar, pihaknya akan menggencarkan layanan vaksinasi kepada kelompok prioritas, seperti tenaga kesehatan (nakes), serta orang lansia dan yang memiliki penyakit bawaan (komorbid).

“Seiring adanya peningkatan kembali kasus Covid-19 di Indonesia, seluruh fasilitas layanan kesehatan (fasyankes), mulai dari klinik, puskesmas, laboratorium kesehatan, hingga rumah sakit daerah, termasuk tenaga kesehatannya untuk siaga dan Bersiap,” ujar dia.

Terkait upaya vaksinasi Covid-19 lengkap terhadap para nakes, dia menyatakan, saat ini Dinkes Kota Bandung sudah menerima 290 vial vaksin untuk 1.450 orang dari Dinkes Provinsi Jawa Barat.

"Sesuai dengan arahan Kemenkes, kami prioritaskan untuk tenaga kesehatan yang belum lengkap vaksinasi nya, belum 4 kali. Minggu ini kami akan sisir. Kami akan mengirimkan ke seluruh fasilitas kesehatan, khawatir ada tenaga kesehatan yang belum lengkap vaksinasinya, semoga cukup," paparnya.

Baca Juga: 2 Imbauan Terbaru Pemkot Bandung Bagi Masyarakat Seiring Tren Kenaikan Kasus Covid-19 Jelang Nataru

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x