Kota Bandung Ternak Nyamuk Wolbachia Guna Tekan DBD, Kemenkes: Inovasi ini Aman, Sudah Terbukti Efektif

- 17 November 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi, Ternak Nyamuk Wolbachia di Kota Bandung
Ilustrasi, Ternak Nyamuk Wolbachia di Kota Bandung //Dok Kemenkes

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah mengimplementasikan inovasi bakteri Wolbachia ke dalam telur-telur nyamuk Aedes aegypti di Kecamatan Ujungberung. Inovasi nyamuk Wolbachia atau disebut pula nyamuk Bill Gates ini dinyatakan aman oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan terbukti efektif menekan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kecamatan Ujungberung termasuk dalam 10 kecamatan dengan kasus DBD terbanyak di Kota Bandung pada tahun 2022 sehingga dijadikan Pilot Project Wolbachia di Kota Kembang melalui program bernama “Ce Woli Jawara” (Cegah DBD, Wolbachia Jagi Wargi Bandung Juara).

Terdapat 5 kelurahan yang menjadi Pilot Project Wolbachia di Ujungberung, antara lain pertama dilakukan di Kelurahan Pasanggrahan, selanjutnya akan diterapkan di Kelurahan Pasir Endah, Kelurahan Cigending, Kelurahan Pasirwangi, dan Kelurahan Pasirjati.

Baca Juga: Bhayangkara FC Angkat Bicara Soal Perekrutan Putu Gede dan Witan, Semuanya Sesuai Prosedur

Lantas, benarkah nyamuk Wolbachia ini adalah hasil rekayasa genetik dan masih tahap uji coba sehingga memiliki risiko bahaya menularkan virus penyebab penyakit tertentu pada manusia?

Kemenkes menjelaskan bahwa inovasi teknologi Wolbachia untuk menurunkan penyebaran DBD di Indonesia bukan lagi tahap uji coba, sebab proyek ini juga telah dilaksanakan di 9 negara dan hasilnya terbukti efektif mencegah DBD. Negara tersebut adalah Brasil, Australia, Vietnam, Fiji, Vanuatu, Mexico, Kiribati, New Caledonia, dan Sri Lanka.

Teknologi Wolbachia melengkapi strategi pengendalian yang berkasnya sudah masuk ke Stranas (Strategi Nasional). Sebagai pilot project di Indonesia, dilaksanakan di 5 kota, yaitu Semarang, Jakarta Barat, Bandung, Kupang, dan Bontang berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1341 Tentang Penyelenggaran Pilot Project Implementasi Wolbachia Sebagai Inovasi Penanggulangan Dengue.

Baca Juga: Kabar Baik! Bus Trans Metro Pasundan Koridor 1 dan 4 Tambah Jam Operasional

Efektivitas Wolbachia telah diteliti sejak 2011 yang dilakukan oleh World Mosquito Program (WMP) di Yogyakarta dengan dukungan filantropi Yayasan Tahija. Penelitian dilakukan melalui fase persiapan dan pelepasan nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia dalam skala terbatas (2011-2015).

Bakteri Wolbachia dapat diperbanyak dengan cara mengawinkan nyamuk yang sudah memiliki bakteri tersebut dengan nyamuk yang tidak memilikinya. Wolbachia dapat melumpuhkan virus Dengue dalam tubuh nyamuk Aedes aegypti, sehingga virus Dengue tidak akan menular ke dalam tubuh manusia.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x