Warga Cimahi Diimbau Waspada Terhadap Penyebaran Cacar Monyet

- 31 Oktober 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi penyakit cacar monyet.
Ilustrasi penyakit cacar monyet. /freepik/ stefamerpik/



PRFMNEWS -
Hingga saat ini belum ada kasus cacar monyet atau monkeypox ditemukan di kota Cimahi. Namun begitu, warga kota Cimahi diminta waspada terkait penyebaran penyakit ini terlebih sudah ditemukannya kasus cacar monyet di Kota Bandung.

"Belum ada laporan atau temuan kasusnya di Cimahi. Tapi kewaspadaan sudah kita tingkatkan," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular pada Dinkes Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini dikutip dari laman resmi Pemkot Cimahi Selasa, 31 Oktober 2023.

Dwihadi menjelaskan, cacar monyet atau Mpox ini merupakan penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia maupun antarmanusia. Adapun penularan antarmanusia umumnya terjadi lewat kontak langsung dari orang yang sudah terinfeksi positif.

Baca Juga: Kronologi Ditemukannya Kasus Cacar Monyet di Kota Bandung

Untuk pencegahan cacar monyet, Dinkes Kota Cimahi sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu waspada.

Tak hanya itu, puskesmas yang ada di kota Cimahi juga sudah dikerahkan untuk mengingatkan masyarakat akan bahayanya penyakit tersebut.

Jika ada masyarakat yang merasakan gejalanya seperti sakit kepala, demam akut lebih dari 38 derajat celcius, pembesaran kelenjar getah bening (imfadenopati), nyeri otot (myaliga), sakit punggung, kelemahan tubuh hingga lesi cacar (benjolan berisi air atau nanah pada tubuh) agar segera menbawanya ke fasilitas kesehatan.

"Kalau ada yang merasakan gejala langsung bawa ke fasilitas kesehatan. Nanti akan ditangani petugas kesehatan," imbuh Dwi.

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Gejala Cacar Monyet, Cacar Air, dan Campak Kata Dokter

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x