Kronologi Ditemukannya Kasus Cacar Monyet di Kota Bandung

- 31 Oktober 2023, 15:30 WIB
Ilustrasi monkeypox atau cacar monyet.
Ilustrasi monkeypox atau cacar monyet. /Freepik

PRFMNEWS - Salah satu kasus cacar monyet atau monkeypox di Bandung akhirnya terkonfirmasi ditemukan di salah satu kecamatan di Kota Bandung. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Sekda Kota Bandung Ema Sumarna.

Ema mengaku sudah memerintahkan jajaran Dinkes Kota Bandung untuk memberikan perhatian terhadap kasus cacar monyet yang ditemukan di Kota Bandung ini.

"Kita minta Dinkes sebagai leading sector harus fokus ke sana. Konon katanya, saya pernah lihat informasi saja bahwa potensinya itu dari bersentuhan. Tidak seperti Covid-19 dari udara saja, droplet sudah berbahaya," ungkap Ema.

Baca Juga: 1 Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Bandung Menambah Jumlah Pasien Positif Mpox di Indonesia

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Bandung, dr. Ira Dewi Jani memaparkan, kasus monkeypox di Kota Bandung telah terkonfirmasi positif berdasarkan hasil dari lab RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso.

Dia menjelaskan, pada 23 Oktober 2023 lalu pasien positif cacar monyet tersebut berobat ke puskesmas dan sudah muncul gejala-gejala yang dicurigai sebagai monkeypox. Karena itu pasien dirujuk ke RSHS Bandung.

"Kronologisnya, tanggal 23 Oktober 2023, pasien ke puskesmas karena sudah ada lesi yang muncul di badannya, maka dicurigai ke arah monkeypox. Lalu tanggal 24 Oktober dirujuk ke RSHS. Kita dapat hasil labnya tanggal 27 Oktober. Diagnosa pastinya keluar dari hasil pemeriksaan lab RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso," papar Ira.

Pasien tersebut merupakan warga asli Kota Bandung berjenis kelamin laki-laki dan berusia 36 tahun.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x