Ada Wacana Jam Malam di Kota Bandung, Pakar Kesehatan Ingatkan Bahayanya Berkerumun

- 7 September 2020, 14:11 WIB
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus gencar melakukan patroli pengamanan phhysical distancing guna memutus pernyebaran COVID-19, Sabtu (11/4/2020) malam. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung ikut serta dalam patroli skala besar yang digelar Polda Jawa Barat yang juga melibatkan petugas dari TNI.
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus gencar melakukan patroli pengamanan phhysical distancing guna memutus pernyebaran COVID-19, Sabtu (11/4/2020) malam. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung ikut serta dalam patroli skala besar yang digelar Polda Jawa Barat yang juga melibatkan petugas dari TNI. /Dok Humas Pemkot Bandung.

PRFMNEWS - Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Bandung terus saja bertambah dari hari ke harinya. Maka dari itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana menerapkan jam malam di kota Bandung sebagai upaya menekan angka penyebaran covid-19.

Ahli Kesehatan Masyarakat Unpad, Deni Sunjaya menilai kebijakan jam malam ini merupakan sesuatu yang diperlukan di kondisi seperti saat ini. Dengan adanya pemberlakukan jam malam maka sebagian aktivitas warga akan menjadi dibatasi untuk mencegah penularan covid-19.

"Jam malam, menghindari kerumunan dan sebagainya itu adalah sebuah pembatasan yang diperlukan. Protokol kesehatan adalah hal yang diperlukan untuk dilakukan setiap individu, keluarga, masyarakat, atau keseluruhan sistem di kota Bandung, Jawa Barat, dan Indonesia," jelas Deni saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin 7 September 2020.

Baca Juga: Kabar Gembira untuk Pegawai dengan Gaji di Bawah Rp5 Juta, Bantuan Rp600 Ribu Perbulan Diperpanjang!

Deni menegaskan, jam malam ini hanyalah satu bentuk antisipasi penyebaran saja. Pasalnya, fokus dari penanganan covid-19 adalah bagimana caranya mencegah kerumunan baik pada pagi, siang, maupun malam.

"Tidak hanya jam malam saja, apapun itu yang menyebabkan kerumunan harus diperhatikan," ujarnya.

Deni menegaskan, jam malam ini jangan sampai menjadi hal untuk menakut-nakuti warga. Jam malam ini menurutnya harus menjadi bahan edukasi dan sosialisasi terkait ancaman penularan covid-19.

Baca Juga: Satpol PP Akui Banyak Warga Kabupaten Bandung yang Belum Disiplin Terhadap Protokol Kesehatan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x