Perbaikan Flyover Pasupati Bandung, Dipercantik dengan Lampu Hias hingga 4 Ornamen Unik Sarat Makna

- 10 Oktober 2023, 19:00 WIB
Proses pengecetan Flyover Pasupati Kota Bandung.
Proses pengecetan Flyover Pasupati Kota Bandung. /PUPR/

PRFMNEWS – Kementerian PUPR melalui BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat melakukan rehabilitasi Flyover Prof. Mochtar Kusumaatmadja atau sebelumnya bernama Pasupati yang merupakan salah satu ikon Kota Bandung.

Proses beautifikasi atau mempercantik wajah Flyover Pasupati juga dilakukan tim BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat pada tahun 2023 ini agar wajah baru jembatan layang ikonik di Kota Bandung ini semakin indah dipandang.

Penambahan empat ornamen unik khas Jabar yang memiliki makna/arti filosofis hingga permainan warna lampu hias (art lighting) semakin memperindah wajah Flyover Prof. Mochtar Kusumaatmadja ini.

Baca Juga: PUPR Alokasikan Dana Rp400 Miliar untuk Perbaikan 15 Ruas Jalan di Jawa Barat

Sejumlah pekerjaan rehabilitasi yang dilakukan tim BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat terhadap flyover sepanjang 2,8 km penghubung Jalan Dr. Djunjunan (Pasteur) hingga Jalan Surapati, Kota Bandung itu antara lain:

  • Perbaikan Struktur Beton dengan Inject
  • Pecing dan Pelapisan dengan FRP
  • Perbaikan Modular Joint Movement
  • Penggantian Deck Drain pada Struktur Flyover.

Sedangkan proses beautifikasi Flyover Prof. Mochtar Kusumaatmadja ini dilakukan dengan Pengecatan Pylon dan Cable Stay, Art Lighting, dan Pemasangan Ornamen GRC pada Parapet.

Baca Juga: Cerita Korban Begal di Flyover Pasupati: Kejadian Jam 8 Malam, Luka Robek Kena Tebas Pedang

“Kota Bandung yang sangat terkenal sebagai kota kreatif dan kota seni menjadikan Flyover Prof. Mochtar Kusumaatmadja (Pasupati) mendapat sentuhan seni pada penanganan tahun ini,” tulis keterangan unggahan di akun Instagram @pupr_jalan_dkijabar, Selasa 10 Oktober 2023.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x