Jembatan Cibiru Baru Permudah Akses ke Stasiun Kereta Cepat Tegalluar hingga Masjid Al Jabbar Gedebage

- 11 Agustus 2023, 11:00 WIB
Jembatan Cibiru Baru.
Jembatan Cibiru Baru. /Tommy Riyadi/prfmnews

PRFMNEWS - Jembatan Cibiru Baru di Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung diresmikan pada Kamis, 10 Agustus 2023. Ini menandakan jembatan tersebut segera dioperasikan untuk mempermudah warga menuju Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, Kabupaten Bandung.

"Jembatan ini hari ini diresmikan dan sudah 100 persen bisa digunakan, hanya tinggal finishing dan bisa segera digunakan oleh masyarakat untuk memudahkan mengakses Stasiun KA Cepat Tegalluar," kata Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, Kamis 10 Agustus 2023.

Selain mendukung operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dengan memudahkan akses ke Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, ujar Dwiyana, Jembatan Cibiru Baru juga menghubungkan stasiun tersebut dengan kawasan Gedebage, Kota Bandung.

Baca Juga: Kurang dari 5 Jam, Polisi Tangkap Pria yang Tusuk Mantan Istri di Cimahi

Melalui Jembatan Cibiru Baru atau Jembatan Cibiru Hilir 1 ini, masyarakat dari Stasiun Kereta Cepat Tegalluar akan lebih mudah menuju Stasiun KAI Cimekar, Stasiun KAI Gedebage, bahkan Masjid Raya Al Jabbar, Stadion GBLA, dan Summarecon Bandung di Gedebage.

"Selain sebagai aksesibilitas menuju area stasiun, Jembatan Cibiru Baru ini bisa menunjang mobilitas dan aktivitas masyarakat. Jembatan Cibiru Baru ini, akan menggantikan Jembatan Cibiru eksisting yang berada tepat di sisi kanan jembatan baru," tutur Dwiyana.

Jembatan Cibiru Baru dibangun dengan lebar 9 meter dan mampu mengakomodir pergerakan untuk dua kendaraan roda empat sekaligus. Sehingga kini lebih lebar dari jembatan sebelumnya yang hanya selebar 4 meter, juga telah memiliki jalur pejalan kaki selebar 1 meter di setiap sisinya.

Baca Juga: Klarifikasi Bupati Pangandaran Usai Mengalami Kecelakaan, Satu Orang Harus Dirawat Intensif di Rumah Sakit

Pembangunan Jembatan Cibiru Baru sudah berlangsung sejak November 2020 hingga April 2021, di mana untuk tahap 1 pembangunan struktur bawah dan Maret hingga Agustus 2023 untuk tahap 2 pembangunan struktur atas.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x