Angka Perkawinan Anak di 4 Kecamatan Kota Bandung ini Tinggi, Ternyata ini Faktor Pemicunya

- 20 Juli 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi perkawinan anak di bawah umur di Kota Bandung
Ilustrasi perkawinan anak di bawah umur di Kota Bandung /Dok PRFM

PRFMNEWS - Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung Felly Lastiawati menyebutkan, di Kota Bandung terdapat 4 kecamatan yang angka perkawinan anaknya cukup tinggi.

Empat kecamatan di Kota Bandung yang tercatat memiliki angka perkawinan anak tinggi, ujar Felly, yakni Babakan Ciparay, Bojongloa Kaler, Cibeunying Kidul, dan Coblong. Di Babakan Ciparay ada 12 dispensasi perkawinan anak.

Faktor penyebab angka perkawinan anak tinggi di Kota Bandung ini, ungkap Felly, karena fungsi keluarga yang tidak optimal memberikan pengasuhan kepada anak-anak tersebut. Kemudian, faktor lainnya adalah pendidikan.

Baca Juga: Pemain Baru Persib Bandung Didatangkan dari Liga Malaysia dengan Status Pinjaman

"Di Babakan Ciparay itu banyak anak yang setelah SMP langsung dinikahkan. Mereka tidak disekolahkan ke jenjang lebih tinggi karena para orang tua menganggap sekolah itu hanya formalitas. Untuk kasus seperti ini, peran sekolah melalui guru Bimbingan Konseling (BK) yang punya tugas besar mengedukasi anak-anak," terangnya, Kamis 20 Juli 2023.

Oleh karena itu, Felly menyatakan, DP3A, aparat kewilayahan, Kemenag, dan stakeholder lainnya secara pentahelix bekerja sama untuk terus menerus mengedukasi masyarakat terkait hal ini.

"Kami juga dibantu oleh Puspaga yang diketuai Umi Oded untuk konseling dan mengedukasi tak hanya dari pelaku anak, tapi juga kepada keluarganya. Pendidikan seks ini penting, jangan dianggap tabu," ujarnya.

Baca Juga: Penyelenggaraan Haji 2024 akan Gunakan 3 Skema Baru Lebih Baik, Kemenag: Kami Pelajari Banyak Hal di 2023

Kendati begitu, Felly mengungkapkan, secara umum menurut data Kemenag Kota Bandung, angka perkawinan anak di Kota Bandung masih sangat kecil jika dibandingkan daerah lain di Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah