Pentingnya Tanggung Jawab Cafe dan Resto Kelola Sampah untuk Merawat Bumi

- 12 Juni 2023, 18:28 WIB
Tong untuk memilah sampah di Work Coffee Bandung.
Tong untuk memilah sampah di Work Coffee Bandung. /PRFM


PRFMNEWS - Bandung sudah lama terkenal karena ragam kuliner yang menarik dan unik. Pun, hari-hari ini Bandung semakin terkenal dengan cafe atau coffee shop aesthetic yang tersebar di seluruh sudut kota.

Banyaknya cafe yang berdiri di Bandung menjadi tempat nongkrong asyik para kawula muda. Memesan kopi setiap hari sudah nampak seperti hobi anak muda di sini.

Namun sayangnya, di balik nikmatnya tegukan es kopi susu, masalah sampah dari usaha food and beverage (FnB) di Bandung masih menjadi PR besar.

Hasil pengamatan Waste4Change, kesadaran atau awareness dari para pelaku usaha cafe dan sejenisnya di Bandung soal isu lingkungan sangat minim. Satu hal lain yang disayangkan adalah komunitas dari FnB yang peduli terhadap masalah sampah masih jarang.

Baca Juga: RW 19 Antapani Tengah Berhasil Olah Sampah dari Rumah

"Saat ini kesadarannya masih sendiri-sendiri, belum ada komunitas FnB atau barista yang bahas masalah lingkungan terkait sampah, itu masih jarang banget," kata Project Manager Waste4CHange, Alvin Putra Priyambodo saat ditemui dalam acara Talkshow "Pengelolaan Sampah Bertanggung Jawab Dalam Bisnis F&B" di Work Coffee Bandung, Minggu 11 Juni 2023.

Para pelaku usaha FnB sudah seharusnya bertanggungjawab terhadap sampah yang mereka hasilkan setiap harinya baik organik dan anorganik. Waste4Change saat ini terus berupaya menjangkau lebih banyak lagi para pelaku FnB untuk memberikan edukasi pengolahan sampah mandiri.

Dari sekian banyak jenis sampah yang dihasilkan, salah satu yang coba dimimanilisir adalah sampah UBC (Used Beverage Cartons), sebuah bahan yang biasanya digunakan untuk kemasan kotak susu.

Baca Juga: Gandeng RW, Pemkot Bandung Berupaya Wujudkan Kawasan Bebas Sampah

Cafe-cafe tentunya sudah tidak asing lagi dengan kemasan kotak susu UBC, setiap es kopi susu yang mereka sajikan memerlukan bahan susu yang biasanya dibeli dalam bentuk kemasan UBC.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x