Penanganan Tumpukan Sampah di TPS Terus Berlangsung, Pemkot Bandung Juga Perbaiki Jalan Menuju TPA Cicabe

- 12 Mei 2023, 15:30 WIB
Kondisi tumpukan sampah di salah satu TPS di Kota Bandung, Jumat 12 Mei 2023
Kondisi tumpukan sampah di salah satu TPS di Kota Bandung, Jumat 12 Mei 2023 /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Penanganan sampah menjadi persoalan prioritas Pemerintah Kota Bandung. Dari 55 TPS yang sempat overload, kini sebanyak 25 TPS sudah normal kembali. Salah satunya di TPS Babakan Siliwangi.

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna pun mengapresiasi kinerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang terus bekerja untu mengurangi tumpukan sampah di TPS.

"Tadi saya lihat di Babakan Siliwangi itu sangat jauh lebih bagus, perubahannya sangat signifikan. Saya mengapresiasi kinerja DLHK, sampahnya sudah jauh berkurang karena Cicabe juga sudah mulai bisa operasional meski belum 100 persen," ujarnya seusai meninjau TPS Babakan Siliwangi, Jumat 12 Mei 2023.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Mepeling 15 – 19 Mei 2023 di Kota Bandung untuk Pengurusan Akta Kelahiran dan Kematian

Selain fokus pada penguraian sampah di berbagai TPS, Ema Sumarna menyembut Pemerintah Kota Bandung juga sedang memperbaiki infrastruktur jalan menuju TPA Darurat Cicabe.

"Kita sedang terus perbaiki pengerasan jalannya. Bukan hanya dengan batu tapi juga dicampur dengan bambu supaya mobil yang lewat tidak selip," katanya.

Dengan dibukanya TPA Darurat Cicabe, ratusan ton sampah mulai diolah. Menurut Ema, para pemulung pun memiliki peran untuk mengurangi jumlah sampah di TPA Darurat Cicabe.

"Di Cicabe juga para pemulung mereduksi volume sampah. Sisanya yang organik itu akan ditanam atau dimasukkan ke lubang untuk dibakar. Dengan pola pembakaran yang sudah tersertifikasi dan itu 'best practice'-nya ada di Pasar Ciwastra," urainya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Akan Bangun Rumah Pompa untuk Tangani Banjir di Sekitar Leuwipanjang

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x