DPR RI Puji Konsep Pembelajaran Dalam Jaringan Kota Bandung

- 18 Juli 2020, 06:45 WIB
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)/Ant
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)/Ant /

PRFMNEWS - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf melontarkan pujian bagi Dinas Pendidikan Kota Bandung terkait konsep Pembelajaran dalam Jaringan atau Padaringan. Dede menganggap itu adalah solusi terbaik di masa PJJ saat ini.

“Saya pikir tadi yang disampaikan Pemerintah Kota Bandung bagus sekali. Ada yang namanya intranet itu yang kita harapkan, program yang dibuat oleh pemerintah, Kemendikbud (Disdik, red) gratis untuk sekolah-sekolah untuk murid-murid,” ungkapnya di Balai Kota Bandung, Jumat, (17/7/2020).

Dede bahkan berencana untuk meminta daerah lain mereplikasi konsep tersebut jika sudah berhasil dan terbukti efektif.

Baca Juga: Penjelasan Disdik Jabar Soal Bantuan Kuota Internet untuk Siswa SMA dan SMK Negeri

“Kita mau lihat. Kalau ini bagus, bisa saja kita dorong agar seluruh Indonesia memiliki konsep yang seperti itu. Karena memang ini sudah menjadi rekomendasi kita kepada pemerintah,” tuturnya.

Sementara itu di tempat yang sama Kepala Disdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mengatakan pihaknya tengah mengembangkan konsep Pembelajaran dalam Jaringan atau Padaringan. Konsep ini berupa sistem dalam bentuk Metropolitan Area Network (MAN), yaitu jejaring internet berkecepatan tinggi yang bisa menjangkau satu kota.

Dikutip prfmnews.id dari laman Humas Kota Bandung, jaringan tersebut menghubungkan server Disdik Kota Bandung ke setiap sekolah sehingga memiliki akses internet dengan kualitas koneksi yang bagus.

Baca Juga: Bupati Sumedang Pastikan Warga Penerima Bansos Tepat Sasaran

“Kota Bandung sedang merintis pembuatan jaringan intranet yang dinamakan Padaringan (Pembelajaran dalam Jaringan). Sebanyak 274 SD negeri 3 TK Negeri dan 64 SMP Negeri akan dipasang pemancar yang terkoneksi dengan server di Dinas Pendidikan,” kata Hikmat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x