Retribusi Makam Masih Dipungut, Begini Penjelasan Pemkot Bandung

- 27 Oktober 2022, 19:50 WIB
Ilustrasi makam di Kota Bandung.
Ilustrasi makam di Kota Bandung. /

PRFMNEWS - Meski Pemerintah pusat telah menghapus retribusi pelayanan pemakaman, namun Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Cipta Karya dan Pembinaan Tata Ruang (Cipta Bintar) hingga kini masih tetap memungut retribusi tersebut.

Kepala Dinas Cipta Bintar Kota Bandung, Bambang Suhari menjelaskan, pemberlakuan tarif yang dimaksud sesuai dengan Perda Kota bandung Nomor 11 Tahun 2011, tentang Ketentuan Pelayanan Pemakaman Umum dan Retribusi Pemakaman, juncto Perda No.3 tahun 2017.

Bambang mengungkapkan, Undang-Undang nomor 1 tahun 2022 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah yang didalamnya mengatur berkenaan penghapusan tarif retribusi pemakaman, namun ketentuan pelaksanaannya masih diberi waktu selama dua tahun.

Baca Juga: Ratusan Ribu Lowongan PPPK Dibuka Pemerintah Tahun Ini, Tiga Formasi Ini Diutamakan

Kepala Dinas Cipta Bintar kota Bandung, Bambang Suhari.
Kepala Dinas Cipta Bintar kota Bandung, Bambang Suhari. Tommy Riyadi/PRFMNEWS

“Sehingga sampai sekarang restibusi masih tetap dipungut. Namun di Undang Undang itu ada ketentuan peraturan pelaksanaannya harus sudah diterbitkan dalam jangka waktu 2 tahun sejak diundangkan,” jelas Bambang di Balaikota Bandung, Kamis 27 Oktober 2022

“Ini kan terbit 5 januari 2022, berarti kita masih diberi toleransi, PP (Peraturan Pemerintah) nya belum terbit sampai saat ini, kita masih menggunakan Perda, tetap memungut di lapangan,”lanjut dia.

Berkenaan dengan hal itu, Bambang pun kembali mengingatkan masyarakat yang ingin dilayani dalam urusan pemakaman, untuk mendatangi langsung kantor Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Horor yang Menyeramkan Cocok Ditonton Saat Halloween

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x