Tangani Banjir di Cibaduyut, Pemkot Bandung Tambah Sumur Resapan Tambahan

- 15 September 2022, 11:30 WIB
Situasi banjir di Terowongan Cibaduyut.
Situasi banjir di Terowongan Cibaduyut. /NETIZEN/PRFM.

PRFMNEWS - Banjir kerap menggenangi kawasan Cibaduyut kota Bandung yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung setelah hujan deras.

Permasalahan banjir di Cibaduyut ini pun kerap dikeluhkan masyarakat karena jalan penghubung kota Bandung dan Kabupaten Bandung ini menjadi terputus karena tergenang air.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana membangun sumur imbuhan atau sumur resapan tambahan pada tahun ini untuk tangani banjir di Cibaduyut ini.

Kepala Bidang Pengendalian Daya Rusak Air Dinas Sumber Daya Alam dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Dini Dianawati menyampaikan, pembangunan sumur resapan Cibaduyut untuk penanganan banjir telah masuk pada tahap perjanjian kerja sama antara Pemkot Bandung dan Pemkab Bandung.

Baca Juga: Ini Sejumlah Upaya yang Dilakukan Pemkot Bandung untuk Atasi Banjir di Sekitar Terowongan Cibaduyut

"Pemkot Bandung dan Pemerintah Kabupaten Bandung sudah bersepakat untuk membenahi Cibaduyut. Sebenarnya tahun 2020 Pemkot Bandung juga sudah membangun sumur imbuhan atau sumur resapan dalam," ujar Dini.

Ia melanjutkan, pada saat itu belum terjadi banyak genangan. Namun, ternyata saluran di Kabupaten Bandung sudah makin menyempit.

"Kami sudah beberapa kali survei untuk menangani itu dengan pihak kabupaten. Mereka juga menyiapkan cara untuk memperbesar saluran drainasenya. Tapi sampai saat ini memang terealisasi," ungkapnya.

Maka dari itu, Pemkot Bandung masih terus intens berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Bandung terkait pembenahan tersebut dengan membangun satu unit sumur resapan lagi di area Cibaduyut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x