Ini Sejumlah Upaya yang Dilakukan Pemkot Bandung untuk Atasi Banjir di Sekitar Terowongan Cibaduyut

- 14 September 2022, 18:15 WIB
Kondisi terowongan Cibaduyut Banjir.
Kondisi terowongan Cibaduyut Banjir. /Akun Twitter @uutlucky

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah menyiapkan solusi menangani banjir yang kerap terjadi di kawasan Terowongan Cibaduyut saat hujan deras dengan intensitas tinggi melanda titik tersebut.

Ada sejumlah upaya dilakukan Pemkot Bandung untuk mencegah banjir kerap terjadi di sekitar Terowongan Cibaduyut yang dikerjakan tim Dinas Sumber Daya Alam dan Bina Marga (DSDABM).

Kepala Bidang Pengendalian Daya Rusak Air DSDABM Kota Bandung Dini Dianawati mengatakan, upaya pertama yang dilakukan adalah membangun sumur imbuhan atau sumur resapan tambahan di pada tahun ini.

Baca Juga: MenPAN RB: Kuota Seleksi CASN 2022 Terbanyak untuk Formasi Guru, 3 Kategori Pelamar Jadi Prioritas

Pembangunan sumur resapan Cibaduyut untuk penanganan banjir tersebut, ujar Dini, sudah masuk pada tahap perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung.

"Pemkot Bandung dan Pemerintah Kabupaten Bandung sudah bersepakat untuk membenahi Cibaduyut. Sebenarnya tahun 2020 Pemkot Bandung juga sudah membangun sumur imbuhan atau sumur resapan dalam," ujarnya.

Menurutnya, pada saat pembangunan sumur imbuhan kala itu di lokasi tersebut belum terjadi banyak genangan seperti saat ini yang dipicu saluran air di Kabupaten Bandung sudah makin menyempit.

Baca Juga: Satpol PP Kota Bandung Amankan Pembersih Kaca di Simpang IP - Pajajaran yang Disebut Kerap Gores Mobil Warga

"Kami sudah beberapa kali survei untuk menangani itu dengan pihak kabupaten. Mereka juga menyiapkan cara untuk memperbesar saluran drainasenya, namun hingga kini belum terealisasi" ungkapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x