MenPAN RB: Kuota Seleksi CASN 2022 Terbanyak untuk Formasi Guru, 3 Kategori Pelamar Jadi Prioritas

- 14 September 2022, 16:00 WIB
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, dalam pengumuman CASN 2022/Tangkapan Layar/Instagram @kemenpanrb
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, dalam pengumuman CASN 2022/Tangkapan Layar/Instagram @kemenpanrb /

PRFMNEWS - Pemerintah membuka seleksi CASN 2022 dengan kuota terbanyak diprioritaskan untuk pelayanan dasar, yaitu guru dan tenaga kesehatan (nakes), meski tetap tidak mengesampingkan formasi jabatan lainnya.

Seleksi CASN 2022 ini, kata MenPAN RB Abdullah Azwar Anas, khusus formasi PPPK guru akan diprioritaskan kepada tiga kategori pelamar.

Kuota formasi prioritas seleksi CASN 2022 untuk PPPK guru dan tenaga kesehatan ini, ucap Menteri Anas, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang ingin fokus pada pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga: Pemerintah Prioritaskan Rekrutmen ASN Guru, Ini Syarat Pelamarnya

"Arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2022 adalah fokus pada pelayanan dasar yaitu guru dan tenaga kesehatan, yang sangat berkaitan erat dengan pembangunan SDM sesuai prioritas Presiden Joko Widodo," ungkap Anas di Jakarta, Selasa 13 September 2022.

Sementara itu, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN RB Alex Denni menjelaskan, pada tahun 2022 pengadaan PPPK guru diprioritaskan pada tiga kategori pelamar.

Alex merinci, pelamar Prioritas I yaitu tenaga honorer eks kategori II (THK-II), guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta. Masing-masing kategori tersebut harus memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF Guru tahun 2021, tetapi belum mendapat formasi.

Baca Juga: Bawaslu Segera Membuka Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, Simak Persyaratannya

"Jadi pelamar Prioritas I adalah mereka yang telah lulus nilai ambang batas atau passing grade pada seleksi tahun 2021," terang Alex.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x