Rencana Bangun 2 Kolam Retensi Baru di Bandung, Dadang Supriatna: Atasi Banjir dan Sumber Air Bersih

- 12 Agustus 2022, 08:00 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna berencana bangun dua kolam retensi di Kabupaten Bandung.
Bupati Bandung Dadang Supriatna berencana bangun dua kolam retensi di Kabupaten Bandung. /Portal Bandung Timur/neni mardiana/

PRFMNEWS - Bupati Bandung Dadang Supriatna berencana membangun kolam retensi baru di dua lokasi untuk menambah upaya antisipasi banjir sekaligus bisa dijadikan sumber air bersih bagi masyarakat Kabupaten Bandung.

Dua kolam retensi baru di Kabupaten Bandung yang dipersiapkan Dadang Supriatna ini akan menambah daftar kolam penampung air hujan tersebut yang sudah dibangun di Andir dan Cieunteung.

Adapun dua lokasi yang rencananya akan dibangun kolam retensi baru di Kabupaten Bandung, kata Dadang Supriatna, yaitu di kawasan tegalluar dan Kertasari.

Dadang Supriatna berharap, empat kolam retensi tersebut nantinya dapat semakin efektif mencegah terjadinya banjir juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat di sekitarnya.

Baca Juga: UPDATE Kabar Orang Terjepit Alat Berat di Jalan Katamso Kota Bandung, Tertimpa Tower Portable

Untuk bisa memanfaatkan air dari kolam itu, Bupati Dadang mengatakan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak PDAM.

"Penanganan banjir yang secara bertahap sudah semakin berkurang dan ke depannya kita berupaya untuk lebih bagus lagi," ucapnya, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusumah menuturkan, saat ini tengah berlangsung pembangunan kolam retensi serupa atau disebut pula Bendungan Cikalong.

Menurutnya pembangunan itu merupakan tindak lanjut dari adanya Rencana Induk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (Rispam).

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x