Ada SD di Bandung Hanya Punya 3 Siswa Baru, Begini Penjelasan Disdik Kota Bandung

- 11 Juli 2022, 19:20 WIB
Ilustrasi PPDB 2022.
Ilustrasi PPDB 2022. /Dok. PRFM News.


PRFMNEWS - Tahapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) Kota Bandung telah selesai digelar. Pengumuman PPDB tahap pertama yaitu jalur prestasi, afirmasi dan perpindahan orang tua telah dilaksanakan pada 24 Juni 2022, sedangkan tahap dua yaitu jalur zonasi pada 8 Juli 2022.

Berdasarkan pantauan di laman resmi PPDB Kota Bandung, ppdb.bandung.go.id, Senin 11 Juli 2022 pukul 15.10 WIB, dari 274 SD Negeri di Bandung, ada sekolah yang hanya memiliki tiga orang siswa, yaitu SDN 206 Putraco Indah. Ketiganya berasal dari jalur zonasi 2 orang dan dari jalur afirmasi 1 orang.

Padahal dalam laman tersebut, SDN 206 Putraco Indah yang beralamat di Jalan Rajamantri Kaler, Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung tersebut mendapatkan kuota 55 untuk siswa baru melalui jalur zonasi dan 1 untuk siswa dari jalur afirmasi. Namun, hanya 2 orang yang mendaftar ke sekolah tersebut melalui jalur zonasi, dan dinyatakan diterima seluruhnya.

Baca Juga: Daftar Ulang PPDB Jabar Tahap 2 Segera Dimulai, Simak Jadwal, Syarat dan Caranya

Kabid Pembinaan dan Pengembangan SD Disdik Kota Bandung Bambang Ariyanto menjelaskan, meski masa pendaftaran PPDB sudah selesai, namun proses nya sendiri belum selesai. Saat ini baru masuk tahapan pengumuman dan pendaftaran ulang. Kekosongan yang terjadi sendiri karena minim peminat.

"Sistem kan masih berjalan, bisa saja dilihat ini (kosong),nanti bisa terisi lagi. Kita nanti lihat secara rilnya berapa, karena posisinya ini PPDB baru diumumkan, ada dalam proses daftar ulang. Ada yg tidak daftar ulang atau mengundurkan diri dan lain sebagainya. Ini belum selesai 100 persen, tahapan seleksi belum selesai 100 persen," jelas Bambang saat dihubungi wartawan, Senin 11 Juli 2022.

Baca Juga: PPDB Jabar Tahap 2 untuk SMA dan SMK Ditutup Malam Hari Ini, Segera Daftar dengan Cara Berikut

Bambang menambahkan, sekolah yang belum memenuhi kuota memang masih memungkinkan menerima siswa sampai batas akhir pendaftaran ulang.

"Daftar seperti biasa, ada lewat daftar, pendataan lewat sekolah, persis kayak daftar kemarin saja. Nanti akan ada sistem tersendiri, tetap by sistem. Untuk khusus pemenuhan kuota saja yah," tandas Bambang.

Bambang melanjutkan, pada sistem PPDB sekolah yang sudah memenuhi kuota yang sudah ditentukan secara otomatis sudah terkunci sesuai sistem. Namun untuk sekolah yang masih menyisakan kuota siswa baru,maka pihak sekolah akan melakukan verifikasi ulang.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x